ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN SISWA TERHADAP KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI KELAS VIII SMPN 3 BANGUNTAPAN

Ratih Puspita, Uswatun Khasanah

Abstract


Penelitian merupakan penelitian deskriptif, yang terdapat suatu tujuan dan berfungsi untuk mendeskripsikan atau menggambarkan tingkat pemahaman peserta didik atau siswa terhadap konsep matematika kelas VIII di SMPN 3 Banguntapan materi relasi dan fungsi. Dari hasil penelitian yang dilakukan menjelaskan jika peserta didik kelas VIII SMPN 3 Banguntapan memiliki tingkat pemahaman konsep matematika cukup tinggi. Namun, dilihat dari indikator pemahaman konsep matematika banyaknya peserta didik mengalami kesulitan dalam merepresentasikan sebuah relasi dan fungsi dan mengaplikasikan sebuah konsep matematika dalam menyelesaikan sebuah permasalahan atau soal yang ada. Terlepas dari hal tersebut peserta didik terdapat tingkat pemahaman konsep yang cukup tinggi secara rata – rata.

Keywords


Analisis, tingkat pemahaman, konsep matematika, deskriptif

Full Text:

PDF

References


Sari, H. (2017). Analisis Tingkat Pemahaman Siswa Terhadap Konsep Matematika Pada Materi Sudut Di Kelas VII MTs Negeri 2 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2016/2017.

Supardi, U. S. (2015). Peran berpikir kreatif dalam proses pembelajaran matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3).

Rahayu, Y., & Pujiastuti, H. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Smp Pada Materi Himpunan. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 3(2), 93-102.

Indrawati, F. (2019). Hambatan dalam pembelajaran matematika. Simposium Nasional Ilmiah & Call for Paper Unindra (Simponi), 1(1), 62-69.

Suraji, S., Maimunah, M., & Saragih, S. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa smp pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 9-16, 229 - 230.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.