Strategi Mengajar Guru Bahasa Inggris Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa SMP Muhammadiyah Banguntapan

Siti Nur Amalia, Raden Muhammad Ali

Abstract


Abstrak: Penelitian ini berjudul “Strategi Mengajar Guru Bahasa Inggris untuk meningkatkan Motivasi Siswa SMP Muhammadiyah Banguntapan”. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi apa yang tepat diaplikasikan di sekolah tersebut guna meningkatkan motivasi peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mengambil narasumber dari guru bidang studi Bahasa Inggris. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari metode tersebut, peneliti menemukan strategi yang tepat untuk meningkatkan motivasi siswa, kaarena masalah yang dialami di sekolah tersebut yaitu kurangnya motivasi dari dalam diri siswa. Metode yang tepat itu adalah metode diskusi. Metode diskusi dapat membuat siswa bersemangat karena melibatkan komunikasi antara teman dan guru jadi metode tersebut akan meningkatkan motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris. Dalam penelitian ini, peneliti melibatkan guru bidang studi bahasa Inggris sebagai narasumber karena ketika beliau mengajar di kelas VIII C, siswa cenderung lebih antusias dan termotivasi untuk belajar bahasa Inggris.


Full Text:

PDF

References


Nana Sudjana. 1991. Teori-Teori Belajar Untuk Pengajaran. Jakarta : FEUI

Hamzah. B. Uno. (2006). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta : PT Bumi Angkasa.

Sudjana, Nana. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sardiman. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: PT. Rajagrafindo Persada

Hamzah B. Uno, (2017) TEORI MOTIVASI DAN PENGUKURANNYA (Analisis di bidang pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara

Sutrisno,E. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Bandung: PT Alfabet.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.