Korelasi Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta

Retno Wulandari, Zalfa Ikrima, Tri Rahayu Isnayanti, Nani Aprilia

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu sebagai sarana mendapatkan informasi secara empiris mengenai korelasi dari gaya belajar dengan hasil belajar siswa kelas XII IPS 1 pada mata pembelajaran biologi. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode korelasi. Sampel berjumlah 29 yang dipilih menggunakan cara purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dan tes tertulis yang diberikan kepada siswa kelas XII IPS 1 SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan Uji Normalitas Kolmogorov-Smimov, Uji Homogenitas, dan Uji Korelasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan tidak adanya korelasi antara gaya belajar siswa terhadap hasil belajar kognitif siswa di kelas XII IPS 1 SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta. Hal tersebut ditunjukan dengan hasil analisis uji korelasi menggunakan SPSS. Nilai analisis uji korelasi dilihat dari nilai sig (2-tailed) sebesar 0.671 > 0.05 sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa tidak terdapat korelasi antara gaya belajar dengan hasil belajar. Nilai Pearson Correlationnya adalah sebesar -0.082 sehingga tidak terdapat korelasi positif antara gaya belajar dengan hasil belajar. Hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar menunjukkan adanya arah yang berlawanan (negatif).

Keywords


Gaya belajar, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Susanto. (2012). Perkembangan Anak Usia Dini :Pengantar dalam Berbagai Aspek. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Ayuningtyas, I., & Minarti, I. B. (2021). ANALISIS GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA INSTITUT INDONESIA SEMARANG. Jurnal Ilmiah Edukasia, 1(1), 41-50.

Baharuddin dan Nur Wahyuni.(2015). Teori Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Bedduside, N. (2020). Inovasi Pembelajaran Biologi Pada Era Merdeka Belajar. In Seminar Nasional Biologi (Vol. 1, No. 1).

Dompas, S. C., Alghadari, F., & Rosuwulan, R. A. (2019, December). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa antara Pembelajaran Peer Tutoring dan Number Heads Together. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara.

Hamsar, H. (2017). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX Pada Mata Pelajaran IPA Madrasah Tsanawiyah Alauddin Pao-Pao (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Hasanah, I. A., Kantun, S., & Djaja, S. (2018). Pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar siswa kelas xi jurusan akuntansi pada kompetensi dasar jurnal khusus di Sm Negeri 1 Jember semester genap tahun ajaran 2017/2018. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 12(2), 277-282.

Lestari, E. (2015). Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV se Kecamatan Turi Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi Universitas PGRI Yogyakarta.

Lodang, H., Dio, A. T., & Daud, F. HUBUNGAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA NEGERI 1 PANGKAJENE. In Seminar Nasional Biologi (Vol. 1, No. 1).

Mite, Y., Corebima, A. D., & Syamsuri, I. (2016). Hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar siswa SMA Katolik Santa Maria Malang berbasis skor terkoreksi dalam pembelajaran biologi melalui pembelajaran group investigation (GI) tahun ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(5), 822-827.

Papilaya, J. O., & Huliselan, N. (2016). Identifikasi gaya belajar mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip, 15(1), 56-63.

Parulian, H.G., dan Situmorang, M., (2013), Inovasi Pembelajaran di dalam Buku Ajar Kimia SMA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan 19(2): 67-68.

Rahmawati, E., Saputra, O., & Saftarina, F. (2018). Hubungan gaya belajar terhadap indeks prestasi kumulatif (ipk) mahasiswa fakultas kedokteran universitas lampung. Jurnal Medula, 8(1), 7-11.

Rudi Hartono. 2013. Ragam Model Mengajar yang Mudah Diterima Murid. Diva Press, Jogjakarta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sudjana, N. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di SD. Yogyakarta: Pararaton.

Ulandari, N., Putri, R., Ningsih, F., & Putra, A. (2019). Efektivitas model pembelajaran inquiry terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi teorema pythagoras. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 227-237.

Wahyuni, S., & Etfita, F. (2020). Android Application Development as Teaching Material. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 9(1), 53–65. (https://doi.org/10.21070/pedagogia.v).

Wahyuni, A. (2017). Korelasi Antara Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kalkulus Dasar. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 4(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.