Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Pembelajaran Alat Musik Tradisional Siswa Kelas III SD Muhammadiyah Gamplong Tahun 2022

Ratri Madya Palupi, Vera Yuli Erviana, Bella Mardatillah

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu agar peneliti mengetahui dan menyebutkan rencana pembelajaran dalam meningkatkan kegiatan bermain angklung pada siswa kelas III di SD Muhammadiyah Gamplong. Pelaksanaan pembelajaran dalam meningkatkan kegiatan bermain angklung pada siswa kelas III di SD Muhammadiyah Gamplong. Artikel yang dibuat menggunakan metode observasi langsung ke SD Muhammadiyah Gamplong. Metode observasi lebih tepat digunakan untuk membuat artikel mengenai pembelajaran alat musik di sekolah tersebut. Metode ini lebih efektif dilakukan agar didapatkannya informasi lebih mengenai pembelajaran seni musik di sekolah dasar. Hasil eksplorasi pada siklus utama selama 2 pertemuan dan pada siklus kedua dengan 2 pertemuan adalah untuk menentukan sejauh mana peningkatan kemampuan anak dalam mengembangkan lebih lanjut latihan memainkan alat musik konvensional. Peningkatan pembelajaran alat musik tradisional pada peserta didik bisa ditampilkan sebagai berikut: a. Klasifikasi kurang atau mulai berkreasi (MB) mengakibatkan penurunan keseluruhan peserta didik dari normal 1 siswa pada siklus utama menjadi tidak ada anak pada siklus berikutnya (6,25%), b. Klasifikasi besar atau menurut asumsi (BSH) mengakibatkan penurunan jumlah siswa dari normal 7 anak pada siklus utama menjadi normal 4 anak pada siklus berikutnya (18,75%). normal 12 anak pada siklus II (kenaikan 18,75%).


Keywords


Metode Demonstrasi, Alat Musik Tradisional, Sekolah Dasar.

Full Text:

PDF

References


Agsriyani, D. (2021). Peningkatan Kemampuan Seni Menyanyi Menggunakan Alat Musik Sederhana Pada Anak Kelompok B Melalui Metode Demontrasi. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 404–409. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1054

Andriansyah, W., & Sadikin, A. (2018). Perancangan aplikasi pengenalan alat musik Tradisional nusantara berbasis android. Jurnal Processor, 12(2), 1011-1020.

Aprilina, V., Sendratasik, J., Epria, I., Putra, D., & Sudarman, Y. (2018). Penggunaan Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran Musik Daerah Setempat (Minangkabau) di Kelas X IPA 1 SMAN 1 Bukit Tinggi. 7(1), 40–47.

Bertha. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Metode Demonstrasi Mata Pelajaran SBK dalam Materi Menyanyikan Lagu Daerah Nusantara di Kelas VI SDN 2 Salungkaenu. Kreatif Online, 6(2354-614X), 62–75.

Mulyatiningsih, E. (2009). Modul Pelatihan Pendidikan Profesi Guru Fakultas Teknik Universitas Negri Yogyakarta. Bandung Rosdakarya, 1–22. staff.uny.ac.id

Nahdi, D. S., Yonanda, D. A., & Agustin, N. F. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2).

Nursyahidah, W. I., Ghozali, I., & Silaban, C. Y. PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAINKAN ALAT MUSIK TRADISIONAL BERUAS MELALUI METODE DEMONSTRASI. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(3).

Prawiyati, V. D. (2019). Penekanan Metode Drill Dan Hand Sign Pada Ekstrakurikuler Pembelajaran Musik Angklung Di SD Negeri 3 Jarakan Yogyakarta. http://digilib.isi.ac.id/5698/%0Ahttp://digilib.isi.ac.id/5698/3/JURNAL - Valentina Dwi Prawiyati 15100540132.pdf

Rianto, N., Sucipto, A., & Dedi Gunawan, R. (2021). Pengenalan Alat Musik Tradisional Lampung Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android (Studi Kasus: SDN 1 Rangai Tri Tunggal Lampung Selatan). Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 2(1), 64–72. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika

Setyawan, R. A., & Dzikri, A. (2016). Analisis penggunaan metode marker tracking pada augmented reality alat musik tradisional jawa tengah. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 7(1), 295-304.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.