Analisis Kesulitan Siswa Kelas XI SMK Dalam Memecahkan Masalah Logika Matematika Ditinjau dari Kemampuan Memahami Bacaan

CLARISA YOLANDITA

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan kesulitan siswa kelas XI SMK dalam memecahkan masalah terkait materi logika matematika ditinjau dari kemampuan memahami bacaan. Metode penelitian yang dilakukan adalah kualitatif yang sesuai dengan tujuan penelitian ini yakni mendeskripsikan fenomena kehidupan nyata. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 3 jenis kemampuan membaca di kelas XI, yaitu siswa berkemampuan memahami bacaan rendah, siswa yang berkemampuan memahami bacaan sedang dan yang terakhir siswa yang berkemampuan memahami bacaan tinggi. Hal tersebut berpengaruh pada siswa saat mereka memecahkan soal, diantaranya di saat mereka diharuskan mencari contoh materi yang sama, menentukan kata hubung yang sesuai dengan yang diminta pada soal dan maksud dari soal itu sendiri.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.