Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Metode Talking Stick Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Pada Materi Sistem Gerak di SMA N 1 Gamping

Firda Rosi Ramadani, Iin Syafani, Ade Jatra Alfariz, Hendro Kusumo Eko Prasetyo Moro

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar siswa kelas XI MIPA pada materi sistem gerak menggunakan model pembelajaran discovery learning dipadukan dengan metode talking stick. Jenis penelitian ini sendiri adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara. Instrumen yang dipakai dalam untuk mengambil data yaitu diantara terdapat lembar observasi, lembar wawancara dan checklist. Populasinya yaitu siswa SMA N 1 Gamping dan sampelnya yaitu siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas perlakuan dan siswa kelas XI IPA 2 sebagai kontrol, masing-masing kelas terdiri dari 35 siswa. Siswa mengikuti pembelajaran discovery learning melalui metode talking stick pada materi sistem gerak. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara terdapat perbedaan pada kelas kontrol dan kelas perlakuan, dimana kelas kontrol yaitu kelas XI MIPA 2 kurangnya semangat serta antusiasnya siswa dalam berdiskusi, presentasi, menjawab pertanyaan, menyampaikan pendapat, menyalurkan ide serta memberikan tanggapan pada saat pembelajaran biologi materi sistem gerak. Sedangkan pada kelas perlakuan yaitu kelas XI MIPA 1 siswa siswinya sangat bersemangat serta antusias dalam berdiskusi, presentasi, menjawab pertanyaan, menyampaikan pendapat, menyalurkan ide serta memberikan tanggapan pada saat kegiatan pembelajaran dilakukan di kelas. Kesimpulan yang dapat diambil berdasarkan data hasil penelitian yaitu bahwa pembelajaran menggunakan model discovery learning dengan dipadukan metode talking stick dapat meningkat motivasi dan semangat belajar siswa terkhusus pada pelajaran biologi materi sistem gerak.

Keywords


Motivasi, discovery learning, Talking Stick

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, R. 2014. Pengantar Pendidikan. Ar-Ruzz Media : Yogyakarta.

Andriani, R. dan Rasto. 2019. Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol. 4 No. 1

Emda, Amna. 2017. Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal. Vol. 5 No. 2

Erita. 2017. Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII SMK Nusatama Padang. Journal of Economic and Economic Education. Vol. 6 No. 1

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Konstektual dalam Pembelajaran Abad ke-21. Bogor : Ghalia Indonesia

Huda, Fathul. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pokok Bahasan Pancasila Sebagai Dasar Negara Republik Indonesia Kelas VI Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal PTK dan Pendidikan. Vol. 3 No. 2

Perdana, A. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Berbasis Discovery Learning Berbantuan Phet Interactive Similations Pada Materi Hukum Newton. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika. Vol. 2 No. 1

Rahayu, Y. D. 2013. Upaya Meningkatkan Tanggung Jawab dan Kemampuan Menyimak Cerita Kelas V Melalui Metode Talking Stick Dengan Menggunakan Media Audio diI Sekolah Dasar Negri 3 Selakambang (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO).

Suprijono, A. 2009. Cooperative Learning : Teori & Aplikasi Paikem. Surabaya : Pustaka Belajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.