PEMANFAATAN APLIKASI WORDWALL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS YANG MENYENANGKAN

Hasna Rahmah Dhiya, Desi Ratnasari, Dr. Ani Susanti, S.Pd., M.Pd.B.I.

Abstract


Belajar merupakan suatu proses yang perlu dan wajib dilalui oleh seorang peserta didik. Dalam proses belajar ini tentunya memerlukan dampingan serta bimbingan seorang guru sebagai sumber belajar. Penggunaan media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan tentu sangat dibutuhkan untuk mendukung proses belajar peserta didik. Selain itu dengan media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan tentunya dapat meningkatkan motivasi peserta didik untuk belajar. Pada artikel ini akan dibahas bagaimana pemanfaatan aplikasi yakni aplikasi Wordwall sebagai salah satu alternatif media yang dapat digunakan untuk menunjang proses pembelajaran. Dalam artikel ini penulis kan membahas terkait pengertian aplikasi Wordwall, bagaimana cara mendaftar dan menggunakan aplikasi Wordwall, kelebihan dan kekurangan aplikasi Wordwall. Dengan menggunakan aplikasi Wordwall sebagai salah satu media pembelajaran tentunya nanti dalam proses belajar akan menciptakan suasana yang menyenangkan. Peserta didik tidak hanya belajar tetapi mereka bisa menggunakan aplikasi Wordwall ini sebagai alat untuk belajar dan bermain. Penulis menulis artikel ini dengan langkah awal melakukan observasi terhadap peserta didik selama kegiatan PLP 2.

Keywords


wordwall; media; pembelajaran; games online

Full Text:

PDF

References


Cahyono, B. T., Bintoro, I. N., & Nugroho, W. (2022). PEMANFAATAN E-LEARNING PLATFORM WORDWALL UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN DARING BAGI GURU TK DI KABUPATEN BANYUWANGI. Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 36-46.

Devega, A. T., Adi, N. H., Mawaddah, M. A., & Shiddiqi, H. A. (2021, December). Design and Analysis of the Motion Graphic Publication Program Implementation as a Promotional Media for Batam TV. In 8th International Conference on Technical and Vocational Education and Training (ICTVET 2021) (pp. 85-91). Atlantis Press.

Kunto Aribowo, Eric.Wordwall: Media Pembelajaran Interaktif Mulai dari Quiz, Wordsearch, hingga Anagram (https://www.erickunto.com/2020/11/wordwall-media-pembelajaran-interaktif.html) diakses pada 12 September 2022

Nissa, S. F., & Renoningtyas, N. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2854-2860.

Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz Dan Wordwall Pada Pembelajaran Ipa Bagi Guru-Guru Sdit Al-Kahfi. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 195. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4112

Wulandari, A. D. (2012). Game Edukatif Sejarah Komputer Menggunakan Role Playing Game (RPG) Maker XP Sebagai Media Pembelajaran Di SMP Negeri 2 Kalibawang. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.