Tingkat Kreativitas Peserta Didik Dalam Pemecahan Masalah Matematika

Laela Durrotun Nafisah, Rima Aksen Cahdriyana

Abstract


Abstrak: Penelitian yang dilaksanakan mempunyai tujuan memperoleh gambaran tingkat kreativitas peserta didik dalam menangani problematika berbasis open-ended berdasarkan pada tingkat kemampuan matematika yang digerakkan oleh peserta didik. penelitian berikut berjenis deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kreativitas peserta didik dalam memecahkan masalah open-ended. Subyek dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan mengajukan pertanyaan kepada peserta didik terpilih, dilanjutkan dengan wawancara untuk memperjelas jawaban yang disusun dalam bentuk lembar jawaban. Analisis data dihentikan pada penelitian ketiga karena data dari penelitian keempat mirip dengan data dari penelitian sebelumnya. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, ditentukan bahwa peserta didik dengan kemampuan matematika rendah tidak dapat mengungkapkan ketiga ukuran kreativitas, sehingga peserta didik dengan kemampuan matematika rendah digolongkan sebagai peserta didik dengan berpikir kreatif tingkat 0 atau dinilai sebagai peserta didik tanpa kreativitas.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.