Literature Review: Peran Guru BK dalam Implementasi Pendidikan Karakter di SMK

Dessy Fitriani Putri, Muhammad Fakhrur Rahman, Dian Ari Widyastuti

Abstract


Pendidikan karakter menjadi peran penting di Indonesia saat ini baik dalam pendidikan ataupun pembentukan, agar dapat membentuk karakter dan mendidik moral siswa. Karena masalah umum yang sering terjadi seperti kurangnya sikap disiplin, mencontek dan memudarnya sikap sopan santun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian literatur yang mengkaji beberapa jurnal yang terpilih untuk menjawab “Peran guru BK dalam impelementasi pendidikan karakter di SMK”.Akan tetapi jika kita amat,dapat kita katakan bahwa tujuan utama Pendidikan karakter masih belum tercapai, hal itu dapat terlihat jelas di zaman milenial saat ini. Berdasarkan hasil kajian literatur dapat disimpulkan bahwa Pendidikan karakter memegang peran penting dalam dunia pendidikan karena salah satu tercapainya generasi muda yang berkualitas perlu adanya pendidikan karakter disekolah. Peran guru BK sangat penting di karenakan guru BK membantu siswa dalam menyelesaikan permasalahan dan menyelesaikan tugas perkembanganya. Selain itu guru BK juga berperan dalam pencegahan dan pengentasan perilaku siswa.

Keywords


Peran Guru Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Karakter, Disiplin, Sopan Santun, Mencontek

Full Text:

PDF

References


Anjarsari, T. Y. (2021). Strategi Guru Dalam Membentuk Karakter Sopan Santun Peserta Didik di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. Repository, UIN Satu Tulungagung.

Arham. M. A. . (2019). Upaya Sekolah Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di SMK Negeri 2 Mataram..Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia, 21(2), 33-42.

Asmani, Jamal Ma’mur. (2013). Buku Panduan Interalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta: Diva Press.

Dinkes Prop DIY. (2016). Profil Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2016. Yogyakarta: Dinkes Prop DIY.

Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah. (2017). Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Depdiknas .

Elmubarok, Zaim. (2008). Membumikan Pendidikan Nilai Mengumpulkan Yang Terserak, Menyambung Yang Terputus dan Menyatukan Yang Tercerai. Bandung: Alfabeta.

Ely, R. (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Disiplin di SMK Negeri 1 Geger Madiun, Inspirasi Manajemen Pendidikan, 5(1).

Farhatilwardah, Dwi Hastuti, Diah Krisnatuti. Karakter Sopan Santun Remaja: Pengaruh Metode Sosialisasi Orang Tua Dan Kontrol Diri. Jur. Ilm. Kel. & Kons., Mei 2019, p : 114 - 125 Vol. 12, No.2

Fathurrohman. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Ginting, D. A., & Muhammad, H. (2021). Peran Guru SMK Al-Maksum 2 Pulau Kampai Untuk Menerapkan Pendidikan Karakter, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM), 2(2), 1-6.

Gunawan, H. (2014). Pendidikan Karakter “Konsep dan Implementasi”. Bandung: Alfabeta.

H. Usman dan N. Eko R. (2012). Model Pendidikan Karakter Kewirausahaan Di Sekolah Menengah Kejuruan..Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 21(2).

Haryana, K., & Enggar, D. P. (2018). Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter di SMK Negeri 2 Pengasih. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif , 1, 11-24.

Hilmi Mubarok Putra, Deka Setiawan, Nur Fajrie. Perilaku Kedisiplinan Siswa Dilihat Dari Etika Belajar Di Dalam Kelas. Jurnal Prakarsa Paedagogia Vol. 3 No. 1, Juni 2020 Hal. 97-104.

Indrawan. (2013). Seminar Nasional Evaluasi Pendidikan. Pentingnya Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Kejuruan

Jonison, E., & Muniarti. (2022). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mereduksi Perilaku Menyontek Pada Peserta Didik di SMK Negeri 7 Bandar Lampung, Repository, UIN Raden Intan Lampung.

Kemendiknas. (2010). Panduan Penerapan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat Kurikulum.

Kemendiknas. (2011). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Koesoma A, Doni.. (2010). Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: PT. Gramedia.

Moh Hasbullah. (2012). Karakter Siswa Smk Negeri 1 Samigaluh Kulonprogo Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta: Skripsi UNY.

Nugra Anggrianto Ardhani Putra. (2012). Hubungan Karakter Siswa Dengan Prestasi BelajarSiswa Kelas Xi Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik (Titl) Di Smk Negeri 2 Yogyakarta.. Yogyakarta: Skripsi UNY.

Prasetyo, Y. A. (2019). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter di SMK Muhammadiyah 1 Mertoyudan, Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 2(1),60-66.

Prayudha, Agista.. (2012). Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Melalui Kultur Sekolah di SMK Negeri 10 Surabaya. Surabaya: FIS PMP-Kn Unesa.

Puspa Djuwita. Pembinaan Etika Sopan Santun Peserta Didik Kelas V Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Nomor 45 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10 (1) 2017. Hal.27-36

Putri Rachmadyanti. Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar Melalui Kearifan Lokal. JPSD Vol. 3 No. 2, September 2017

Rahmah, R. (2017). Peranan Guru Bimbingan dan Konseling dalam Membentuk Karakter Melalui Mata Pelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di SMK Muhammadiyah 3 Banjarmasin, Jurnal Mahasiswa BK A-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 3(1),13-15.

Rohmah, S. N. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Pada Siswa (Studi Kasus di SMKN 1 Rejotangan Tulungagung), 2(2), 63-69.

Rusdi, M., dkk. (2017). Pelaksanaan Pendidika Karakter di SMK Negeri 4 Makassar, Jurnal Diskursus Islam, 5(3).

Safitri, R. D. N. (2020). Pendidikan Karakter Disiplin Peserta Didik (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Kediri). Repository, Universitas Negeri Malang.

Thomas Lickona. (2012). Educating For Character (Mendidik Untuk Membentuk Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2010). Bandung: Media Purana.

Yani, M. T., & Hanny, W. (2014). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Program Lima S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun) di SMA Negeri 1 Sidoarjo, Kajian Moral dan Kewarganegaraann, 3(2), 784-798.

Zagoto, S. F. L., Akuardin, H., & Bestari L. (2022). Peranan Guru Bimbingan Konseling dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa SMP Negeri 3 Onolalu Tahun Pelajaran 2021/2022, Counseling For All: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2(1).

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.