Literature Review: Peran Guru BK dalam Implementasi Pendidikan Karakter di SMK
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anjarsari, T. Y. (2021). Strategi Guru Dalam Membentuk Karakter Sopan Santun Peserta Didik di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. Repository, UIN Satu Tulungagung.
Arham. M. A. . (2019). Upaya Sekolah Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di SMK Negeri 2 Mataram..Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia, 21(2), 33-42.
Asmani, Jamal Ma’mur. (2013). Buku Panduan Interalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta: Diva Press.
Dinkes Prop DIY. (2016). Profil Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2016. Yogyakarta: Dinkes Prop DIY.
Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah. (2017). Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Depdiknas .
Elmubarok, Zaim. (2008). Membumikan Pendidikan Nilai Mengumpulkan Yang Terserak, Menyambung Yang Terputus dan Menyatukan Yang Tercerai. Bandung: Alfabeta.
Ely, R. (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Disiplin di SMK Negeri 1 Geger Madiun, Inspirasi Manajemen Pendidikan, 5(1).
Farhatilwardah, Dwi Hastuti, Diah Krisnatuti. Karakter Sopan Santun Remaja: Pengaruh Metode Sosialisasi Orang Tua Dan Kontrol Diri. Jur. Ilm. Kel. & Kons., Mei 2019, p : 114 - 125 Vol. 12, No.2
Fathurrohman. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.
Ginting, D. A., & Muhammad, H. (2021). Peran Guru SMK Al-Maksum 2 Pulau Kampai Untuk Menerapkan Pendidikan Karakter, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM), 2(2), 1-6.
Gunawan, H. (2014). Pendidikan Karakter “Konsep dan Implementasi”. Bandung: Alfabeta.
H. Usman dan N. Eko R. (2012). Model Pendidikan Karakter Kewirausahaan Di Sekolah Menengah Kejuruan..Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 21(2).
Haryana, K., & Enggar, D. P. (2018). Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter di SMK Negeri 2 Pengasih. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif , 1, 11-24.
Hilmi Mubarok Putra, Deka Setiawan, Nur Fajrie. Perilaku Kedisiplinan Siswa Dilihat Dari Etika Belajar Di Dalam Kelas. Jurnal Prakarsa Paedagogia Vol. 3 No. 1, Juni 2020 Hal. 97-104.
Indrawan. (2013). Seminar Nasional Evaluasi Pendidikan. Pentingnya Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Kejuruan
Jonison, E., & Muniarti. (2022). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mereduksi Perilaku Menyontek Pada Peserta Didik di SMK Negeri 7 Bandar Lampung, Repository, UIN Raden Intan Lampung.
Kemendiknas. (2010). Panduan Penerapan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat Kurikulum.
Kemendiknas. (2011). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Koesoma A, Doni.. (2010). Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: PT. Gramedia.
Moh Hasbullah. (2012). Karakter Siswa Smk Negeri 1 Samigaluh Kulonprogo Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta: Skripsi UNY.
Nugra Anggrianto Ardhani Putra. (2012). Hubungan Karakter Siswa Dengan Prestasi BelajarSiswa Kelas Xi Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik (Titl) Di Smk Negeri 2 Yogyakarta.. Yogyakarta: Skripsi UNY.
Prasetyo, Y. A. (2019). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter di SMK Muhammadiyah 1 Mertoyudan, Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 2(1),60-66.
Prayudha, Agista.. (2012). Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Melalui Kultur Sekolah di SMK Negeri 10 Surabaya. Surabaya: FIS PMP-Kn Unesa.
Puspa Djuwita. Pembinaan Etika Sopan Santun Peserta Didik Kelas V Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Nomor 45 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10 (1) 2017. Hal.27-36
Putri Rachmadyanti. Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar Melalui Kearifan Lokal. JPSD Vol. 3 No. 2, September 2017
Rahmah, R. (2017). Peranan Guru Bimbingan dan Konseling dalam Membentuk Karakter Melalui Mata Pelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di SMK Muhammadiyah 3 Banjarmasin, Jurnal Mahasiswa BK A-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 3(1),13-15.
Rohmah, S. N. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Pada Siswa (Studi Kasus di SMKN 1 Rejotangan Tulungagung), 2(2), 63-69.
Rusdi, M., dkk. (2017). Pelaksanaan Pendidika Karakter di SMK Negeri 4 Makassar, Jurnal Diskursus Islam, 5(3).
Safitri, R. D. N. (2020). Pendidikan Karakter Disiplin Peserta Didik (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Kediri). Repository, Universitas Negeri Malang.
Thomas Lickona. (2012). Educating For Character (Mendidik Untuk Membentuk Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2010). Bandung: Media Purana.
Yani, M. T., & Hanny, W. (2014). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Program Lima S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun) di SMA Negeri 1 Sidoarjo, Kajian Moral dan Kewarganegaraann, 3(2), 784-798.
Zagoto, S. F. L., Akuardin, H., & Bestari L. (2022). Peranan Guru Bimbingan Konseling dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa SMP Negeri 3 Onolalu Tahun Pelajaran 2021/2022, Counseling For All: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2(1).
Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana.
Refbacks
- There are currently no refbacks.