Analisis Kebutuhan LKPD Berbasis PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Banguntapan

Balqis Tsibtiani, Sumargiyani Sumargiyani

Abstract


penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran, meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan menganalisis kebutuhan LKPD Matematika yang berbasis PBL. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode observasi dan wawancara. Subjek dari penelitian ini adalah guru matematika dan 20 siswa di kelas VII SMP Muhammadiyah Banguntapan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara ditemukan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam penyelesaian masalah dan kemampuan berpikir kritis yang rendah dikarenakan LKS yang digunakan merupakan LKS yang tersedia dari pemerintah dalam makna lain LKS tersebut bukan rancangan guru sehingga isi dari LKS tidak sesuai dengan kebutuhan siswa dan tidak dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.  Diketahui juga bahwa model yang digunakan selama proses belajar mengajar adalah model konvesional yang focus utamanya adalah guru dan tidak melibatkan siswa secara langsung. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa maka diperlukan LKPD yang berbasis pada masalah (PBL) dalam proses pembelajaran.

Keywords


LKPD; PBL; Kemampuan bepikir kritis siswa

Full Text:

PDF

References


Annisa, S., & Suparman. (2021). Analisis Kebutuhan LKPD Matematika Berorientasi PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika (JIPM), 3(1), 56–61. https://doi.org/10.37729/jipm.v3i1.1036

Arsyad, A. (2015). Media pembelajaran.

Astuti, A. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Kelas VII SMP/MTs Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1011–1024. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.573

Juhaeriah, D., Hidayat, S., Sudrajat, A., Pascasarjana, P., Terbuka, U., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN LKPD DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VI SD. Jurnal Muara Pendidikan, 6(2).

Julian, R., & Suparman. (2019). Analisis Kebutuhan E-LKPD untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Kritis dalam Memecahkan Masalah. Proceedings Of The 1st Steeem 2019, 1(1), 238–243. http://seminar.uad.ac.id/index.php/STEEEM/article/view/2802

Maulidiya, M., & Nurlaelah, E. (2019). The effect of problem based learning on critical thinking ability in mathematics education. Journal of Physics: Conference Series, 1157(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/4/042063

Robi’atun, L., Noer, S. H., & Bharata, H. (2017). Pengembangan LKPD Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika …, 1. https://core.ac.uk/download/pdf/295479590.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.