Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Kecerdasan Emosional di SMP Muhammadiyah 3 Mlati

Agung Nuryahya Muhaimin, Moh Rifky, Sutipyo Ru'iya

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan kecerdasan emosional siswa di SMP Muhammadiyah Mlati Yogyakarta. Dalam penelitian ini peneliti mencoba untuk mengetahui emosional siswa dalam mengontrol emosinya, serta mengendalikan kepercayaan diri siswa dalam mempresentasikan hasil diskusi kelompok, maka dari itu sangat dibutuhkan bimbingan yang intensif dalam mengembangkan emosional siswa SMP Muhammadiyah 3 Mlati.

Keywords


Peran Guru1; Pendidikan Agama Islam2; Kecerdasan Emosional3

Full Text:

PDF

References


Pratiwi, Shonia Lingga, and Hendry Cahyono. 2020. “View Metadata, Citation and Similar Papers at Core.Ac.Uk.” Pengaruh Penggunaan Pasta Labu Kuning (Cucurbita Moschata) Untuk Substitusi Tepung Terigu Dengan Penambahan Tepung Angkak Dalam Pembuatan Mie Kering 1(2):274–82.

Yudhistira, Satria. 2019. No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title.

Sayuti, A. H. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Kecerdasan Emosional Siswa kelas 7 di SMP IT Attaqwa Pusat (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA).

Apriani, T. (2017). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik Di SMP PGRI 6 Bandar Lampung (Doctoral Dissertation, IAIN Raden Intan Lampung).

Roszana, N. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Siswa Di SMPN 1 Sawoo Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Budianto, A., Amirudin, A., & Muzaki, I. A. (2020). Peranan Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual, Emosional-Sosial Dan Intelektual Siswa Di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Telukjambe Kecamatan Telukjambe Barat Kabupaten Karawang. Jurnal Wahana Karya Ilmiah_Pascasarjana (S2) PAI Unsika Vol, 4(1).

Sutipyo, R. (2017). Prestasi Belajar Siswa Smk Muhammadiyah Iii Wates Ditinjau Dari Kecerdasan Emosinya. Al-Manar: Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 6(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.