Layanan Bimbingan Kelompok untuk Mengurangi Perilaku Membolos pada Mata Pelajaran Tahfidz Siswa Kelas VIII MTs Negeri 4 Bantul

Sayang Devalisa Harahap, Hardi Santosa, Desi Indriyani

Abstract


Penelitian mengenai layanan bimbingan kelompok untuk mengurangi perilaku membolos pada mata pelajaran tahfidz siswa kelas VIII MTSN 4 Bantul ini memiliki tujuan untuk menganalisis penyebab perilaku membolos pada siswa. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendefinisikan strategi yang tepat dalam layanan bimbingan kelompok dalam mengurangi perilaku membolos khususnya pada mata pelajaran tahfidz pada siswa kelas VII di MTSN 4 Bantul. Kegiatan layanan bimbingan kelompok dilakukan dengan menganalisis penyebab perilaku siswa melakukan kegiatan membolos hingga merumuskan solusi dengan cara meningkatkan motivasi siswa untuk tetap mengikuti mata pelajaran tahfidz di MTSN 4 Bantul.

Keywords


Bimbingan Kelompok, Perilaku Membolos

Full Text:

PDF

References


Abdul, R. S., & Wahab, M. (2014). Psikologi. Prenada Media.

Andari, N. (2022). Upaya Mengurangi Tingkah Laku Membolos Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Model Deep Dialogue/Critical Thinking Pada Siswa Kelas Ix A Tahun Pelajaran 2021/2022 Di Smp Negeri 3 Pacitan. Transformasi: Jurnal Studi Agama Islam, 15(1), 58-68.

Anggraini, Wenni. Upaya Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Kebiasaaan Buruk Siswa Kelas Viii Mts Aisyiyah Sumatera Utara. Diss. 2018.

Caroline, E. (2019). Metode Kualitatif. Media Sahabat Cendekia.

Damayanti, F. A., & Setiawati, D. (2013). Studi Tentang Perilaku Membolos Pada Siswa Sma Swasta Di Surabaya. Jurnal Bk Unesa, 3(1), 454-461.

Khanisa,S. 2012. Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Dengan Menggunakan Teknik Pendekatan Behavior Untuk Mengatasi Perilaku Membolos. Semarang.

Latifah H, S., & Dewi, I. S. (2022). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Perilaku Membolos Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Sei Suka Ta 2021/2022. Education Achievement: Journal Of Science And Research, 119-135.

Neviyarni, N., & Irianto, A. (2016). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Mengurangi Perilaku Membolos Siswa. Konselor, 3(4), 180-195.

Rofiah, T. D. (2021). Minat Belajar Siswa Takhassus Tahfidz Dan Non Tahfidz Terhadap Mata Pelajaran Pai Di Sma Ali Maksum. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 18(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.