Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Teks Anekdot Kelas X SMAN 2 Bantul

Idfi Ariatun, Dimas Bagus Prasetyo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi penggunaan aplikasi quizizz yang digunakan sebagai alat evaluasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas X dengan materi Teks Anekdot. Metode penelitian menggunakan informasi kualitatif deskriptif dengan mendeskripsikan dengan kalimat. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yakni siswa-siswi kelas X.5 dan X.6 yang masing-masing kelas berjumlah 36 siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi quizizz yang diimplementasikan sebagai alat evaluasi berhasil digunakan. Hal ini ditunjukkan dengan hasil nilai evaluasi kedua kelas yang hanya mencapai 3% dari jumlah siswa yang ada. Selain itu, diketahui pula bahwa penggunaan aplikasi quizizz dapat menarik dan membuat daya kompetisi siswa bertambah.

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Himawan, R., & Suyata, P. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Soal HOTS dalam Pembelajaran Teks Pidato Persuasif di MGMP SMP Wilayah Kabupaten Bantul. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 117-129.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.