Media Audio Visual sebagai Alternatif Pembelajaran Teks Naratif Kelas VII SMP Muhammadiyah Banguntapan

Ramadhani Inda Tamaya, Ilham Ramadhan Oktavian, Wachid Eko Purwanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan dan tingkat pemahaman peserta didik yang terdapat dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan kurikulum Merdeka Belajar, dengan menggunakan sarana dalam bentuk media pembelajaran Audio Visual. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan menggunakan hasil dari lembar pekerjaan mengenai Teks Naratif dari peserta didik. Kemudian, data dianalisis dan dijabarkan dalam bentuk deskripsi. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Banguntapan memiliki pemikiran yang kreatif dan cerdas, juga memiliki sikap tanggap terhadap rangsang yang tinggi. Sehingga dalam penggunaan media pembelajaran ini peserta didik diharapkan mampu lebih aktif bertanya dan menguasai materi yang telah disampaikan.


Keywords


Media pembelajaran, audio visual, pembelajaran, teks naratif

Full Text:

PDF

References


Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.