PENGGUNAAN APLIKASI KAHOOT SEBAGAI MEDIA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SMP NEGERI 1 KALASAN

Muhamad Gathan Bimantara, Hasnabila Khairunnisa, Titania Sherly Mulasay, Bambang Widi Pratolo Widi Pratolo

Abstract


: Artikel ini membahas tentang penggunaan alpikasi kahoot sebagai media pembelajaran Bahasa inggris. Dengan pendekatan metode pendekatan kualitatif, penelitian ini melibatkan 32 siswa kelas 9B, C dan D SMP Negeri I Kalasan sebagai sumber informasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah alpikasi kahoot dapat meningkatkan minat belajar Bahasa inggris siswa. Berdasarkan analisis yang dilakukan, ditemukan bahwa alpikasi kahoot dapat meningkatkan minat belajar siswa. Kahoot bisa digunakan untuk mengeksplorasi pengetahuan dan pemahaman siswa tentang topik pembelajaran dan membantu siswa untuk memvalidasi pemahaman. Meskipun penggunaan aplikasi Kahoot masih belum massif dikalangan siswa SMP, dengan mudahnya fitur yang ada, aplikasi ini dapat memungkinkan seseorang untuk belajar dan beradaptasi dengan cepat.

 


Keywords


Kahoot; aplikasi; Bahasa Inggris

Full Text:

PDF

References


Aini, M. R., & Kedua, B. (n.d.). KEDUA DAN PEMBUATAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BAGI SISWA SMP / MTS SE KOTA. 2(April 2021), 66–79.

Ara, S. (1970). Use of Songs, Rhymes and Games in Teaching English to Young Learners in Bangladesh. Dhaka University Journal of Linguistics, 2(3), 161–172. https://doi.org/10.3329/dujl.v2i3.4150

Basheer Nomass, B. (2013). The Impact of Using Technology in Teaching English as a Second Language. English Language and Literature Studies, 3(1), 111–116. https://doi.org/10.5539/ells.v3n1p111

Et.al, C. K. S. S. (2021). A Review of Research on The Effectiveness of Using Kahoot To Enhance Students’ Motivation To Learn English. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(3), 201–207. https://doi.org/10.17762/turcomat.v12i3.657

Kong, Y. (2009). A Brief Discussion on Motivation and Ways to Motivate Students in English Language Learning. International Education Studies, 2(2), 145–149. https://doi.org/10.5539/ies.v2n2p145

Licorish. (2018). Student perception Kahoot. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 13(9), 1–24.

Putri, N. S. (2019). Kahoot Application in English Language Teaching (ELT) Context: An Alternative Learning Strategy. Elsya : Journal of English Language Studies, 1(1), 11–15. https://doi.org/10.31849/elsya.v1i1.2488

Said, U., Fathan, A., & Syafii, A. (2018). Kahoot As the Media Platform for Learn English. May, 2503–4405.

Shyamlee, S., & Phil, M. (2012). Use of technology in English language teaching and learning: An analysis. A Paper Presented at the 2012 International Conference on Language, Medias and Culture IPEDR Vol.33 (2012) ©(2012) IACSIT Press, Singapore, 33(2012), 150–156. http://www.ipedr.com/vol33/030-ICLMC2012-L10042.pdf

Irwan, I., Luthfi, Z. F., & Waldi, A. (2019). Efektifitas penggunaan kahoot! untuk meningkatkan hasil belajar siswa. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 8(1), 95-104.

Mustikawati, F. E. (2019). Fungsi Aplikasi Kahoot sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra (pp. 99-104).

Ilmiyah, N. H., & Sumbawati, M. S. (2019). Pengaruh media Kahoot dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. JIEET (Journal of Information Engineering and Educational Technology), 3(1), 46-50.

Ningrum, G. D. K. (2018). Studi penerapan media kuis interaktif berbasis game edukasi kahoot! terhadap hasil belajar mahasiswa. Vox Edukasi, 9(1), 271373.

Hadijah, H., Pratolo, B. W., & Rondiyah, R. (2020). Interactive game “Kahoot!” as the media of students’ vocabulary assessment. Journal on English as a Foreign Language, 10(1), 84-102.

Sinaga, I. T. D., Rahan, N. W., & Azahari, A. R. (2022). Pengaruh media pembelajaran Kahoot terhadap motivasi belajar siswa SDN Nanga Bulik 6 Kabupaten Lamandau. Journal of Environment and Management, 3(1), 55-61.

Chotimah, I. C., & Rafi, M. F. (2018). The effectiveness of using Kahoot as a media in teaching reading. E-Link Journal, 5(1), 19-29.

Bahar, H., Setiyaningsih, D., Nurmalia, L., & Astriani, L. (2020). Efektifitas kahoot bagi guru dalam pembelajaran di sekolah dasar. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 155-162.

Irwan, I. (2019). Implementasi Kahoot! sebagai Inovasi Pembelajaran. Journal of Civic Education, 2(1), 126-140.

Rafnis, R. (2019). Pemanfaatan Platform Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Interaktif. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2).

Putri, N. S. (2019). Kahoot application in English language teaching (ELT) context: An alternative learning strategy. ELSYA: Journal of English Language Studies, 1(1), 11-15.

Kusumaningrum, E., & Pramudiani, P. (2021). The Influence of Using Kahoot Learning Media on Primary School Students’ Learning Interest in Social Studies. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 2696-2704.

Izzati, M., & Kuswanto, H. (2019). Pengaruh model pembelajaran blanded learning berbantuan kahoot terhadap motivasi dan kemandirian siswa. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 3(2), 68-75.

Aini, M. R., & Kedua, B. (n.d.). KEDUA DAN PEMBUATAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BAGI SISWA SMP / MTS SE KOTA. 2(April 2021), 66–79.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.