Mind Mapping sebagai upaya peningkatan presentasi belajar PPKn kelas XI OTKP di SMK Muhammadiyah 2 Moyudan

Puji Lestari, Millata Izzah Aulia Sani

Abstract


Pembelajaran siswa SMK Muhammadiyah 2 Moyudan saat ini mengunakan metode ceramah yang mana metode itu tidak sesuai dengan perkembangan zaman saat ini yang mana siswa diharuskan untuk lebih aktif dari guru. Tujuandilaksanakan penelitian ini yakni untuk melihat sebagaimanapengaruh pengunaan media mind mapping dala meningkatkanhasil belajar siswa. Sampel penelitian didapatkan dari siswa kelasXI OTKP SMK Muhammadiyah 2 Moyudan sebagai kelas uji coba atau eksperimen. Metode pengumpulan data pada penelitianini yakni dengan pengumpulan data secara observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini yakni dengandata difokuskan kepada objek yang akan ditingkatkan hasilnya, data berupa angka. Data angka yang ada akan dianalisis dengan deskriptif yang mana Tindakanyang telah dilaksanakan memberikan perubahan kearah perbaikan siswa. Hasil dari penelitian dua siklus menunjukkan bahwa media mind mapping dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa SMK Muhammadiyah 2 Moyudan. Keberhasilan penggunaan mediamind mapping dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa yakni dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk saling berinteraksi dalam kelompok dan mengungkapkan pemahaman dan pendapatnya. Khususnya siswa yang pemalu (pasif) diberi kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya, dan apabila tidak memahami sesuatu maka mereka akan dapat aktif mengemukakan pendapat dan bertanya, menciptakan interaksi sosial dalam kegiatan pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Alamsyah, Maurizal. 2009. Kiat Jitu Meningkatkan Hasil Dengan Mind Mapping. Yogyakarta: Mitra Pelajar.

Arifin, Zaenal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Rosdakary

Arifin, Budi. 2013. Penerapan Metode Mind Map untuk Meningkatkan Motivasi Mata Pelajaran IPA tentang Sumber Daya Alam di Kelas IV MI Wahid Hasyim Tahun Pelajaran 2012/2013. UINSUKA. Tersedia pada http://digilib.uin-suka.ac.id

Wahyuni, Pipi Indra. 2013. Implementasi Strategi Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Skripsi. Singaraja: Undiksha.

Futihat. (2022). Pengaruh Penerapan Metode Mind Maping dan Motivasi terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IX DI MTs N 2 Kota Cilegon Futihat. Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 2(2). https://doi.org/10.51878/strategi.v2i2.1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.