ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN OPERASI ALJABAR LINEAR KELAS 7 BERDASARKAN TEORI NEWMAN SMP MUHAMMADIYAH BANTUL

Muhammad rois muhyiyuddin

Abstract


Sebuah komponen penting dari matematika adalah aljabar. Oleh karena itu peserta didik harus akrab dengan topik aljabar ini, terutama siswa kelas 7. Penelitian ini mencoba untuk mengklarifikasi asumsi kesalahan yang dibuat oleh peserta didik Kelas 7 ketika mencoba untuk memecahkan masalah menggunakan operasi aljabar linier. Penelitian kualitatif deskriptif adalah pendekatan pilihan untuk penelitian ini. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah Bantul sebanyak 21 peserta didik yang terdiri dari 11 laki-laki dan 10 perempuan. Sebuah tes dengan empat pertanyaan tentang penjelasan operasi aljabar linier sebagai instrumen penelitian. Menurut temuan analisis kesalahan berdasarkan rumus teori Newman, peserta didik melakukan sejumlah kesalahan ketika mencoba memecahkan masalah yang melibatkan penggunaan bentuk aljabar. Kesalahan peserta didik berdasarkan Teori Newman yaitu Kesalahan Membaca, Kesalahan Memahamai, Kesalahan Transformasi, Kesalahan Keterampilan Proses, dan Kesalahan Jawaban Akhir.

Keywords


Aljabar, Teori Newman, Kesalahan Peserta didik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.