IMPLEMENTASI PENDIDIKAN FIQIH MELALUI PEMBIASAAN SHALAT BERJAMAAH DI SMK MUHAMMADIYAH 2 MOYUDAN

iis widyastuti

Abstract


Sebuah pembiasaan yang baik tentu saja butuh untuk bisa dilakukan guna dapat membentuk suatu karakter yang baik pula. Maka dari itu kebiasaan yang baik bisa dilakukan dengan melakukan berbagai aktivitas serta program yang ada di dalam sekolah. Sebagaimana salah satu pembiasaan salat berjamaah yang dilakukan di SMK Muhammadiyah 2 Moyudan yang melakukan pembiasaan salat berjamaah sehingga dapat membentuk karakter siswa dan mengimplementasikan pendidikan fiqih melalui pembiasaan tersebut. Dengan adanya pembiasaan yang dilakukan dapat menjadi bekal bagi peserta didik untuk bisa mempelajari pendidikan fiqih melalui program tersebut sehingga dapat membentuk karakter yang baik sesuai dengan ajaran Islam. Tujuan dari penelitian ini untuk bisa mengetahui bagaimana implementasi pendidikan fiqih dengan melalui pembiasaan saat berjamaah di SMK Muhammadiyah 2 payudan serta mengetahui bagaimana hambatan dalam memperoleh pendidikan fiqih melalui program tersebut. Penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi pustaka dan studi kasus serta teknik yang digunakan yakni menggunakan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang didapatkan yakni melihat adanya implementasi pendidikan fiqih melalui pembiasaan shalat berjamaah mampu meningkatkan karakteristik dari siswa sesuai dengan ajaran Islam dan membentuk siswa yang disiplin serta Mandiri dan bertanggung jawab.


Keywords


Pendidikan fiqih, Shalat berjamaah, karakter

Full Text:

PDF

References


Abdullah, U. M. K., & Azis, A. (2019). Efektifitas Strategi Pembelajaran Analisis Nilai Terhadap Pengembangan Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 51. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.355

Ainusyamsi, F. Y., & Husni, H. (2021). Perspektif Al-Qur’an tentang Pembebasan Manusia melalui Pendidikan Akhlak. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(1), 51. https://doi.org/10.36667/jppi.v9i1.670

Aisyahnur Nasution. (2019). Metode Pembiasaan Dalam Pembinaan Shalat Berjamaah dan Implikasinya terhadap Penanaman Budaya Beragama Siswa SMP Negeri 2 Kabawetan. Al-Bahtsu, 4(1), 11–23.

Asma, A. (2021). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas X Di SMK Negeri 2 Paguyaman. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 1135. https://doi.org/10.37905/aksara.7.3.1135-1142.2021

Cholily, Y. M., Putri, W. T., & Kusgiarohmah, P. A. (2019). Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Penelitian Pendidikan Matematika (SNP2M) 2019 UMT, 1–6.

Dewi, D. A., Hamid, S. I., Annisa, F., Oktafianti, M., & Genika, P. R. (2021). Menumbuhkan Karakter Siswa melalui Pemanfaatan Literasi Digital. Jurnal Basicedu, 5(6), 5249–5257. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1609

Fitriana, H., Papilaya, F. S., & Setyanti, A. A. (2015). PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL PENDIDIKAN GESCHOOL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK KELAS IX SEMESTER 1 DI SMPN 1 SALATIGA. In Universitas Kristen Satya Wacana.

Hasanah, M., & Maarif, M. A. (2021). Solusi Pendidikan Agama Islam Mengatasi Kenakalan Remaja Pada Keluarga Broken Home. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 39–49. https://doi.org/10.54069/attadrib.v4i1.130

Imam Tabroni, Asep saipul malik, & Diaz Budiarti. (2021). Peran Kyai Dalam Membina Akhlak Santri Di Pondok Pesantren Al-Muinah Darul Ulum Desa Simpang Kecamatan Wanayasa. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 7(2), 108–114. https://doi.org/10.53565/pssa.v7i2.322

K, F., & Dewi Aisyah. (2021). Peningkatan Kesehatan Mental Anak Dan Remaja Melalui Ibadah Keislaman. Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.51339/isyrof.v3i1.292

Maya, R. (2016). Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam Vol . 05 , Januari 2016. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 05, 1175–1183. https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/36/32

Muhammad Al-Jabbar, H., Fitriyah, H., & Maulana, R. (2021). Sistem Klasifikasi Kesegaran Daging Sapi berdasarkan Citra menggunakan Metode Naïve Bayes berbasis Raspberry Pi. 5(4), 1646–1653. http://j-ptiik.ub.ac.id

Mujiburrahman, M. (2022). Pendidikan Karakter Siswa Berbasis Kearifan Lokal Di Aceh. Proceedings Icis 2021, 138–149. https://www.jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/icis/article/view/12661%0Ahttps://www.jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/icis/article/download/12661/6594

Mukani, M., & Sumarsono, T. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Berbasis Adiwiyata pada Mata Pelajaran Fiqih di MTsN Tambakberas Jombang. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 5(2), 181. https://doi.org/10.15642/jpai.2017.5.2.181-200

Nasaruddin, N. (2009). Pemikiran Islam Tentang Hubungan Negara Dengan Agama. HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 6(2), 205. https://doi.org/10.24239/jsi.v6i2.134.205-218

Nisfu Ema Fatimah, N. U. A. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Fiqih Di Mi Al Islam Tonoboyo Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang. Tarbiyatuna, 8(1), 9–22.

Nurkhalizah, S., Rochmani, S., & Septimar, Z. M. (2021). Nusantara Hasana Journal. Nusantara Hasana Journal, 1(1), 95–101.

Qolbi, S. K., & Hamami, T. (2021). Impelementasi Asas-asas Pengembangan Kurikulum terhadap Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1120–1132. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/511

Rasikh, Y. (2020). Efektivitas Aplikasi Geschool Sebagai Media Evaluasi Hasil Belajar Pada Siswa Kelas Xi Mipa Di Man 1 Yogyakarta Skripsi. Skripsi, 118.

Rosiana, Komaruddin, S. (2022). Nahdlatain: Jurnal Kependidikan dan Pemikiran Islam, Vol. 1, No. 1 Januari 2022. 1(1), 130–147.

Ru’iya, S., Akhmad, F., Putwiyani, D., & Sulistiawan, A. (2021). Tantangan Guru Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Inklusi Di Yogyakarta. Al-Manar, 10(1), 70–90. https://doi.org/10.36668/jal.v10i1.240

Semin, M. (2022). Sosiologi. X(Covid 19), 131–139.

Shinta, M., & Ain, S. Q. (2021). Strategi Sekolah Dalam Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4045–4052. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1507

Sulfemi, W. B. (2018). Pengaruh Disiplin Ibadah Sholat, Lingkungan Sekolah, Dan Intelegensi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. EDUKASI: Jurnal Penelitian Abdullah, U. M. K., & Azis, A. (2019). Efektifitas Strategi Pembelajaran Analisis Nilai Terhadap Pengembangan Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 51. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.355

Ainusyamsi, F. Y., & Husni, H. (2021). Perspektif Al-Qur’an tentang Pembebasan Manusia melalui Pendidikan Akhlak. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(1), 51. https://doi.org/10.36667/jppi.v9i1.670

Aisyahnur Nasution. (2019). Metode Pembiasaan Dalam Pembinaan Shalat Berjamaah dan Implikasinya terhadap Penanaman Budaya Beragama Siswa SMP Negeri 2 Kabawetan. Al-Bahtsu, 4(1), 11–23.

Asma, A. (2021). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas X Di SMK Negeri 2 Paguyaman. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 1135. https://doi.org/10.37905/aksara.7.3.1135-1142.2021

Cholily, Y. M., Putri, W. T., & Kusgiarohmah, P. A. (2019). Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Penelitian Pendidikan Matematika (SNP2M) 2019 UMT, 1–6.

Dewi, D. A., Hamid, S. I., Annisa, F., Oktafianti, M., & Genika, P. R. (2021). Menumbuhkan Karakter Siswa melalui Pemanfaatan Literasi Digital. Jurnal Basicedu, 5(6), 5249–5257. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1609

Fitriana, H., Papilaya, F. S., & Setyanti, A. A. (2015). PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL PENDIDIKAN GESCHOOL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK KELAS IX SEMESTER 1 DI SMPN 1 SALATIGA. In Universitas Kristen Satya Wacana.

Hasanah, M., & Maarif, M. A. (2021). Solusi Pendidikan Agama Islam Mengatasi Kenakalan Remaja Pada Keluarga Broken Home. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 39–49. https://doi.org/10.54069/attadrib.v4i1.130

Imam Tabroni, Asep saipul malik, & Diaz Budiarti. (2021). Peran Kyai Dalam Membina Akhlak Santri Di Pondok Pesantren Al-Muinah Darul Ulum Desa Simpang Kecamatan Wanayasa. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 7(2), 108–114. https://doi.org/10.53565/pssa.v7i2.322

K, F., & Dewi Aisyah. (2021). Peningkatan Kesehatan Mental Anak Dan Remaja Melalui Ibadah Keislaman. Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.51339/isyrof.v3i1.292

Maya, R. (2016). Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam Vol . 05 , Januari 2016. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 05, 1175–1183. https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/36/32

Muhammad Al-Jabbar, H., Fitriyah, H., & Maulana, R. (2021). Sistem Klasifikasi Kesegaran Daging Sapi berdasarkan Citra menggunakan Metode Naïve Bayes berbasis Raspberry Pi. 5(4), 1646–1653. http://j-ptiik.ub.ac.id

Mujiburrahman, M. (2022). Pendidikan Karakter Siswa Berbasis Kearifan Lokal Di Aceh. Proceedings Icis 2021, 138–149. https://www.jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/icis/article/view/12661%0Ahttps://www.jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/icis/article/download/12661/6594

Mukani, M., & Sumarsono, T. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Berbasis Adiwiyata pada Mata Pelajaran Fiqih di MTsN Tambakberas Jombang. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 5(2), 181. https://doi.org/10.15642/jpai.2017.5.2.181-200

Nasaruddin, N. (2009). Pemikiran Islam Tentang Hubungan Negara Dengan Agama. HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 6(2), 205. https://doi.org/10.24239/jsi.v6i2.134.205-218

Nisfu Ema Fatimah, N. U. A. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Fiqih Di Mi Al Islam Tonoboyo Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang. Tarbiyatuna, 8(1), 9–22.

Nurkhalizah, S., Rochmani, S., & Septimar, Z. M. (2021). Nusantara Hasana Journal. Nusantara Hasana Journal, 1(1), 95–101.

Qolbi, S. K., & Hamami, T. (2021). Impelementasi Asas-asas Pengembangan Kurikulum terhadap Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1120–1132. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/511

Rasikh, Y. (2020). Efektivitas Aplikasi Geschool Sebagai Media Evaluasi Hasil Belajar Pada Siswa Kelas Xi Mipa Di Man 1 Yogyakarta Skripsi. Skripsi, 118.

Rosiana, Komaruddin, S. (2022). Nahdlatain: Jurnal Kependidikan dan Pemikiran Islam, Vol. 1, No. 1 Januari 2022. 1(1), 130–147.

Ru’iya, S., Akhmad, F., Putwiyani, D., & Sulistiawan, A. (2021). Tantangan Guru Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Inklusi Di Yogyakarta. Al-Manar, 10(1), 70–90. https://doi.org/10.36668/jal.v10i1.240

Semin, M. (2022). Sosiologi. X(Covid 19), 131–139.

Shinta, M., & Ain, S. Q. (2021). Strategi Sekolah Dalam Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4045–4052. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1507

Sulfemi, W. B. (2018). Pengaruh Disiplin Ibadah Sholat, Lingkungan Sekolah, Dan Intelegensi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 16(2), 166–178. https://doi.org/10.32729/edukasi.v16i2.474

Sutisna, D., Indraswati, D., & Sobri, M. (2019). Keteladanan Guru sebagai Sarana Penerapan Pendidikan Karakter Siswa. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 4(2), 29. https://doi.org/10.26737/jpdi.v4i2.123


Refbacks

  • There are currently no refbacks.