Strategi Pengajar dalam Pembelajaran Tahfidzul Qur'an di Pondok Pesantren Tahfidz Al Qur'an Al MI'roj Yogyakarta

muhammad Wildanul haq

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana strategi pengajar yang harus di lakukan agar menghasilkan pembelajaran yang efektif. Penelitian ini dilakukan pada saat pelaksanaan PLP II di PPTQ Al Mi’roj Yogyakarta pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah pengajar PPTQ Al Mi’roj Yogyakarta yang melaksanakan kegiatan pembelaharan luring. Sumber pengumpulan data dari penelitian ini observasi, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di PPTQ Al Mi’roj Yogyakarta menggunakan strategi pembelajaran Inquiry dengan metode ceramah. Dengan tahapan belajar yaitu : ( 1 ). Pada 3 bulan pertama santri difokuskan untuk belajar memperbaiki bacaan Al Quran. ( 2 ). Santri juga mendapatkan pembelajaran Agama Islam. ( 3 ). Di PPTQ Al Mi’roj Yogyakarta santri juga diberikan program pembelajaran Bahasa Arab. ( 4 ). Bulan ke 4 santri sudah mulai untuk menghafal Al Quran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.