Penerapan Pembelajaran PPKn Menggunakan Power Point di SMP Muhammadiyah Pleret

Tazkiya Aini, Alifa Nindya Talita Sya'rona, Sumaryati .

Abstract


Penelitian ini bertjuan untuk meningkatkan hasil  belajar siswa dengan penerapan pembelajaran menggunakan power point. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Pleret tahun pelajaran 2022/2023. Data hasil belajar diperoleh dari tes akhir siklus yang dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif dan hambatan yang ditemui dalam penelitian dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif.  Dengan tahapan meliputi perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/ evaluasi tindakan, dan refleksi.  Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari  71,25 dengan ketuntasan klasikal 59% pada Siklus I menjadi 83,00 dengan ketuntasan klasikal 100% pada Siklus II, hambatan  yang ditemui dalam proses pembelajaran yaitu siswa belum sepenuhnya dapat mengikuti materi pembelajaran yang diterapkan, fasilitas yang masih terbatas untuk penggunaan pembelajaran menggunakan power point di SMP Muhammadiyah Pleret, alokasi waktu pembelajaran yang terbatas di setiap pertemuan. Adapunn solusi yang dapat diberikan untuk mengatasi hambatan tersebut yaitu dengan menekankan kembali langkah - langkah pembelajaran yang dierapkan, menyusun jadwal untuk penggunaan proyektor, dan menyusun RPP dengan baik. 


Keywords


Pembelajaran PPKn, Power point, Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Dahlan, A., & Sriyanto, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif menggunakan PPT untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi Di SMP Negeri 3 Kroya. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 3, 1–8. https://doi.org/10.30595/pssh.v3i.281

Hendriana, H., Johanto, T., & Sumarmo, U. (2018). The role of problem-based learning to improve students’ mathematical problem-solving ability and self confidence. Journal on Mathematics Education, 9(2), 291–299. https://doi.org/10.22342/jme.9.2.5394.291-300

Ilmu, J., Volume, P., Ppkn, P. S., Jl, S. A., Pondok, M. A., Depok, T., Citation, A. P. A., Penggunaan, P., Slide, M., Terhadap, P., Belajar, M., Siswa, P., Pendidikan, J. I., & Penelitian, T. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SLIDE POWERPOINT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PPKn SISWA DI SMP THE EFFECT OF THE USE OF POWERPOINT SLIDE MEDIA ON THE STUDENTS ’ STUDENTS ’ PPKN LEARNING MOTIVATION IN SMP. 16(2011), 30–35.

Istighfarini, A., & Murdiono, M. (2021). Penerapan media Si Kuper Nan Pasif dalam pembelajaran PPKn di Sekolah Menengah Kejuruan. 10(04), 377–387.

Putri Utami, L. P. S. D., Astawan, I. G., & Krisnaningsih, M. (2021). Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik pada Muatan Pelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 363. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.35577

Ratna, I. S. (2017). Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), volume 158. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), 158(Ictte), 958–963.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.