ANALISIS PENERAPAN BUDAYA 5S (SENYUM, SAPA, SALAM, SOPAN, SANTUN) PADA PESERTA DIDIK SD MUHAMMADIYAH PAKEM

Roro Ayu Putri Asdiyanti, Asih Mardati, Adam Aqshal, Putri Sulistia Zulfasari

Abstract


Budaya sekolah 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun) sudah terbiasa diterapkan di mayoritas sekolah, salah satunya diterapkan di SD Muhammadiyah Pakem. Budaya sekolah dilaksanakan dengan berbagai tahapan, diantaranya melalui tahapan aktivitas rutin, aktivitas spontan, aktivitas terprogram, dan aktivitas keteladanan. Dikarenakan penerapan budaya sekolah sudah baik, maka dilakukan analisis terhadap pelaksanaan budaya 5S. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui budaya 5S dengan berbagai tahapan, serta mengetahui hambatan dan solusi yang dapat dilakukan. Data yang didapat dianalisis memakai metode penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi lalu data dianalisis menggunakan teori Miles and Huberman. Komponennya mencakup reduksi data, sajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi data. Penelitian yang dilaksanakan di SD Muhammadiyah Pakem Kabupaten Sleman, Yogyakarta dengan subjek yang berjumlah 506 peserta didik. Hasil analisis data yang didapat terkait implementasi program pembiasaan budaya sekolah 5S sudah tercapai dengan baik, hal ini dapat dibuktikan dengan segenap warga sekolah yang telah melaksanakan program tersebut

Keywords


Pendidikan Karakter; Budaya Sekolah; Budaya 5.

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, F. S. N., Haq, A., & Mustafida, F. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun). 1.

Ezra, S., Biya, P. E., & Rasijah. (2022). Penerapan Budaya 5S (Senyum, Salam, Sapa Sopan dan Santun) Sebagai Bentuk Penanaman Pendidikan Karakter Peserta Didik di SDN 001 AIR ASUK. 88–92.

Kemendikbud. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional

Khotimah, D. N. (2019). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Melalui Kegiatan 5s Di Sekolah Dasar. Ilmia Pendidikan, 2(1), 28–31.

Mustoip, S. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Sofyan Mustoip Muhammad Japar Zulela Ms 2018.

Nugrahani, F. (2011). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 44(8). https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201

Nurjanah, I. (2019). Implementasi Program Budaya Sekolah 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) Dalam Menanamkan Sikap Religius Siswa di MIN 02 Kota Tangerang Selatan. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 7(1). https://www.bertelsmann-stiftung.de/fileadmin/files/BSt/Publikationen/GrauePublikationen/MT_Globalization_Report_2018.pdf%0Ahttp://eprints.lse.ac.uk/43447/1/India_globalisation%2C society and inequalities%28lsero%29.pdf%0Ahttps://www.quora.com/What-is-the

Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital [Character Education in Primary School Children in the Digital Age]. Ar-Riayah : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37.

Ramhatiya, I., & Zulfiati, H. M. (2020). Penanaman Nilai Karakter Nasionalisme Dan Patriotisme Pada Pembelajaran Tematik Bermuatan IPS Siswa Kelas IV SD Negeri Singosaren Bantul. 7.

Sari, A., Praheto, B. E., & Rumgayatri. (2022). Implementasi Budaya 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) di SD Negeri Kotagede 3. 29–33.

Wuryandani, W., Maftuh, B., . S., & Budimansyah, D. (2014). Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2), 286–295. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.2168


Refbacks

  • There are currently no refbacks.