Perbandingan Minat Siswa Kelas X dan XI pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Muhammadiyah Boarding School Prambanan

Intan Sukesi Retnaningsih, Malik Nur Ihsan, Hani Irawati

Abstract


Minat yang dimiliki oleh siswa dalam pembelajaran seringkali turut mempengaruhi kesiapan mereka dalam belajar. Disamping itu, kesiapan siswa dalam belajar turut andil dalam memperoleh hasil belajar terhadap suatu mata pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat yang dimiliki siswa pada mata pelajaran biologi. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk  mengetahui perbandingan minat dari siswa kelas X dan XI terhadap mata pelajaran biologi di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket. instrumen angket yang digunakan untuk pengumpulan data sebelumnya telah tervalidasi oleh ahli. Penelitian ini didapatkan berdasarkan hasil survei menggunakan angket yang dilakukan di SMA Muhammadiyah Boarding School Prambanan Yogyakarta. Sampel diambil dari siswa kelas X dan XI MIPA yang ada di sekolah tersebut menggunakan angket kuesioner tertutup dengan tipe jawaban "Ya" atau "Tidak". Total didapatkannya jawaban "Ya" pada kelas X memiliki persentase 1317,14% sedangkan kelas XI sebesar 1330.00% dari total 20 pernyataan angket yang ada. Rata-rata yang didapatkan pada jawaban "Ya" di kelas X sebesar 66,50% sedangkan kelas XI sebesar 65,86% dari total 20 pernyataan yang diajukan.

Keywords


Minat, belajar, perbandingan, biologi

Full Text:

PDF

References


Abdul hakim Jurumiah dan Husen Saruji. (2020). Sekolah Sebagai Intstrumen Konstruksi Sosial di Masyarakat (School As a Social Construction Instrument In The Community). ISTIQRA’: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 7(2), 1–9. http://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/492

Amelia, Y., & Darussyamsu, R. (2020). Presepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Online Mata Pelajaran Biologi di Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Bioilmi, 6(2), 86–93.

Berutu, M, H., A., & Tambunan, M, I., H. (2018). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Se-Kota Stabat. Jurnal Biolokus, 1(2), 109–115.

Fernandez, V., Tunnisa, L. F., Aulia, N. R., & Hidayati, N. (2021). Minat Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Biologi dengan Menggunakan Media Powerpoint. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 5(1), 17–22.

Hala, Y., Muchtar, R., Jumadi, O., & Taiyeb, A. M. (2017). 6552-13102-1-Sm. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 321–328.

Korompot, S., Rahim, M., & Pakaya, R. (2020). Persepsi Siswa Tentang Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 1(1), 40–48. https://doi.org/10.37411/jgcj.v1i1.136

Marleni, L. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bangkinang. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 1(1), 149–159. https://doi.org/10.30651/didaktis.v18i3.1846

Niken, N. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Berorientasi Keterampilan Proses Sains Pada Mata Kuliah Biologi untuk Perkuliahan Di Perguruan Tinggi Kesehatan. BioCONCETTA, 4(2), 1–13. https://doi.org/10.22202/bc.2018.v4i2.3016

Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi Oleh: Nurkholis Doktor Ilmu Pendidikan, Alumnus Universitas Negeri Jakarta Dosen Luar Biasa Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto. 1(1), 24–44.

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Reski, N. (2021). Tingkat Minat Belajar Siswa Kelas IX SMPN 11 Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2485–2490.

Rizkia, R. (2020). Implementasi Metode Steam Berbasis Media Film Dalam Meningkatkan Aspek Kognitif Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(3), 267.

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35–43. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750

Sumantri. (2019). Pengaruh Minat Belajar dan Kemampuan Berkomunikasi Terhadap Hasil Belajar Fikih Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Bah Kapul Kota Pematang Siantar. ANSIRU PAI, 3(1).

Suryaningsing, Y. (2017). Pembelajaran Berbasis Praktikum Sebagai Sarana Siswa Untuk Berlatih Menerapkan Keterampilan Proses Sains Dalam Materi Biologi. Konfigurasi : Jurnal Pendidikan Kimia Dan Terapan, 2(2), 49–57. https://doi.org/10.24014/konfigurasi.v1i2.4537


Refbacks

  • There are currently no refbacks.