Implementasi Sholat Dhuha Terhadap Nilai Spiritual Peserta Didik di SD Muhammadiyah Pandes

Dyah Parastuti, Hanum Hanifa Sukma, Mittha Ristiana, Dyah Utami Ayuningtyas

Abstract


Tujuan penelitian ini merupakan mengetahui implementasi sholat dhuha di SD Muhammadiyah Pandes terhadap nilai spiritual siswa. Metode yang dilakukan pada penelitian yaitu kualitatif dekripsi. Objek yang menjad sasaran peneliti yaitu Siswa SD Muhammadiyah Pandes, dengan melalui pengumpulan data di lapangan untuk memenuhi data yang diinginkan dapat berupa instrumen seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang didapat dilakukan analisa melalu cara reduksi, dideskripsikan lalu di amil kesimpulan. Hasil dari penelitian yang diperoleh dimana dalam impelmentasinya Sholat Dhuha di SD Muhammadiyah Pandes  yaitu dilaksanakan dengan tertib, terdapat binaan selemun shalat dilaksanakan, telah  terapainya tujuan sekolah terait pelaksaan shalat dhuha karena dapat melatih kedisplinan serta tingkat ibadah yang meningkat serta berdampaknya emosional dan perilaku siswa dalam mengembangkan sikap spritual yaitu leh mendekatkan siswa terhadap Allah swt, leih mengerti makna ibadaah, serta terciptaknya akhlak yang baik hal ini dapat terlihat di keseharian siswa di sekolah.

Keywords


Nilai spiritual, Siswa, Sholat dhuha

Full Text:

PDF

References


Aini, S. (2015). KEHADIRAN KAUM WANITA MUSLIMAH DALAM SHALAT JUM’AT (Studi Kasus Beberapa Masjid di Belanda). Jurnal Al Maiyyah, 200-218

Alim, M. (2011). Pendidikan Agama Islam:Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Alim, Z. Z. (2008). The Power Of Shalat Dhuha. Jakarta : Quantum Media.

Arikunto, S. (2006). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti. (2015) Bimbingan Sholat Sebagai Media Perubahan Perilaku. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 299-319.

Baharuddin, E. N. (2007). Teori belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: ArRuzz Media.

Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Al Tadzkiyyah, 75-84.

Dinanjar, A. (2001). Rahasia Sukses Membangun ESQ Emotional Spiritual Qoutient. Jakarta : Penerbit Arga.

Fajriudin. (2018). Historiografi. Jakarta : Prenada Media Grup.

Mahfani & Khalilurahman. (2008). Berkah Sholat Dhuha. Jakarta : Wahyu Media.

Makhromi. (2014). Istiqomah dalam Belajar (studi atas Kitab Talim wa Mutaallim). Jurnal IAI Tri Bakti,163-177.

Muhaimin A. & Ahmad. (2010). Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Bagi Anak. Yogyakarta : Ar Ruzz Media Group

Nandya, A. (2010). Etika Murid Terhadap Guru (Analisis Kitab Ta’lim Muta’allim Karangan Syaikh Az-Zarnuji), Mudarrisa, 163-329.

Nasrudin, dkk. (2021). Pembinaan Karakter Melalui Shalat Lima Waktu di Mts Nurul Qolbi Purwakarta. Jurnal IAISAMBAS, 516-535

Ngermanto, A. (2005). Quantum Quotient, Cara Praktis Melejitkan IQ,EQ,dan SQ . Bandung : Nuansa.

Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar Dan Menengah

Rasyid, H.S. (2016). Fiqh Islam : Hukum Fikih Lengkap. Bandung : Sinar Baru Algensindo

Sholihin, dkk. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa melalui Program Salat Berjamaah dan Salat Duha Siswa kelas VIII Di SMPN 9 Bogor Tahun Ajaran 2019/2020. Prosiding Al-Hidayah Pendidikan Agama Islam, Bogor: 110-123

Siswanto,W. (2010). Membentuk Kecerdasan Spiritual Anak. Jakarta : Amzah

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidkan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Suharsono. (2005). Melejitkan IQ,IE dan IS. Jakarta : Inisiasi Press.

Wahdi, dkk. (2019). THE EDUCATION OF HONESTY IN THE PERSPECTIVEOF THE HOLY QURAN (Study of Surah Al-’ Ankabut). Edu Riligia, 267-274.

Zohar, D. & Ian M. (2000). Kecerdasan Spiritual. Bandung: PT Mizan Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.