Systematic Literature Review: Penerapan Pembelajaran Inovatif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di SMK

Aisah Nur Fitria, Infiks Unggul Digdayana, Suparman Suparman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran problem based learning dan menjelaskan pengaruhnya terhadap pembelajaran di SMK, yaitu dengan mempertimbangkan pencapaian keterampilan siswa dan kemampuan pemecahan masalah matematika dari tujuan pembelajaran matematika. Systematic literature review adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini. Selama penelitian  systematic literature review ini dilakukan, hasil penelitian yang relevan akan diidentifikasi, diselidiki, ditafsirkan, dan ditarik kesimpulannya . Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran problem based learning atau bisa disebut dengan model pembelajaran PBL menjadi salah satu model pembelajaran yang dapat mempengaruhi, mendorong, serta meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, (2) game edukatif dapat menjadi alternatif pendidik sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMK, (3) beberapa faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMK.


Keywords


Problem based learning, systematic literature review, pembelajaran inovatif

Full Text:

PDF

References


Adkhiyah, A., Yuhana, Y., & Mutaqin, A. (2019). Pengaruh Pembelajaran Student Teams Achievement Division Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Tirtamath: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 1(2), 106-115.

Anggraini, V., Delyana, H., & Sari, I. K. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1231-1240.

Ayuningtyas, N., & Sukriyah, D. (2020). Analisis Pengetahuan Numerasi Mahasiswa Matematika Calon Guru. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2).

Damarjati, S., & Miatun, A. (2021). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Berorientasi Pada Kemampuan Berpikir Kritis. Anargya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2).

Febriyanto, B., Haryanti, Y. D., & Komalasari, O. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Penggunaan Media Kantong Bergambar Pada Materi Perkalian Bilangan Di Kelas Ii Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 266424.

Ferawati, F., & Suhendri, H. (2020). Efektivitas Model Discovery Learning Dan Problem Based Learning Terhadap Berpikir Kreatif Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jkpm (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 111-120.

Juhari, R. M. E. (2022). Pengaruh Model Mastery Learning With Game Quizizz Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self-Regulated Learning Pada Siswa Sma (Doctoral Dissertation, Fkip Unpas).

Lusiana, l., Armiati, A., & Yerizon, Y. (2022). Kemandirian Belajar Dan Persepsi Siswa Mengenai Guru Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smk. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 155-166.

Marjan, M., Ratnaningsih, N., & Rahayu, D. V. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbentuk Game Berbasis Adobe Flash Pro Cs6 Untuk Mengeksplor Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta Didik. Jipm (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 378-395.

Novalia, Y., Panjaitan, D. J., & Nurdalilah, n. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Aktivitas Belajar Matematika Pada Pembelajaran Berbasis Masalah. Maju: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2).

Perangin-Angin, B. (2017). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecahan Masalah Belajar Matematika Pada Siswa Smk Negeri 5 Medan Tp 20162017 (Doctoral Dissertation).

Putra, A., & Afrilia, K. (2020). Systematic Literature Review: Penggunaan Kahoot Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 4(2), 110-122.

Rahman, T. (2018). Aplikasi Model-Model Pembelajaran Dalam Penelitian Tindakan Kelas. Cv. Pilar Nusantara.

Riyani, P., Sampoerno, P. D., & Santi, V. M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Google Classroom Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 5(2), 27-34.

Rohmatulloh, R., Syamsuri, S., Nindiasari, H., & Fatah, A. (2022). Analisis Meta: Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1558-1567.

Sari, D. P. (2021). Profil Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smk Materi Program Linear Menggunakan Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(2), 27-39.

Sulistyani, D., Roza, Y., & Maimunah,M. (2020). Hubungan Kemandirian Belajar Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1-12.

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Putra, G. W., & Iswara, B. (2019). Metode systematic literature review untuk identifikasi platform dan metode pengembangan sistem informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63-77.

Tristanti, l. B., Akbar, S., & Rahayu, W. A. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Construct Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Hasil Belajar Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 129-140.

Yuli, Y. (2019). Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Matematis Di Smk Insan Karya Nusantara Tahun Pelajaran 2018-2019. Journal On Education, 1(2), 509-514.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.