Hubungan Antara Kecerdasaan Emosional dengan Motivasi Belajar Pada Siswa SMK Muhammadiyah 2 Turi Yogyakarta

Indah Octaviana, Ridho Pangestu, Krisna Dewanggara, Amien Wahyudi

Abstract


Pelaksanaan pembelajaran di Smk Muhammadiyah 2 Turi Yogyakarta selama 1 Bulan mendapatkan hasil bawasannya ada permasalahan dalam hubungan antara kecerdasan emosional dengan motivasi belajar pada Siswa. Penyelesaian ini menggunakan teknik analisis Korelasi Pearson Product Moment dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Subjek penelitian adalah siswa siswi Smk Muhammadiyah 2 Turi Yogyakarta dengan jumlah sampel 22 siswa.

Keywords


Motivasi Belajar, Kecerdasan Emosional

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. & Supriyono, W. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Astriyani, A., Triyono, T., & Hitipeuw, I. (2018). Hubungan Motivasi Belajar dan Tindakan Guru dengan Prestasi Belajar Siswa dengan Latar Belakang Broken Home Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(6), 806–809. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/11220/5363

Djamarah, S.B. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Goleman, D. 2002. Kecerdasan Emosional: Mengapa Emosional lebih tinggi Dari IQ. Jakarta: Gramedia

Pustaka. ---------------. 2006. Emotional Inteligence (cetakan ke-16). Jakarta : Gramedia Pustaka.

Kompri. (2015). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. 5(2).

Mu’tadin, Z. (2002). Mengenal Kecerdasan Emosi Remaja.

Melia, E. (2010). Hubungan antara konformitas dengan motivasi belajar SMP Istiqlal Deli Tua. Skripsi. Tidak

diterbitkan. Medan. Univeritas Medan Area

Nadhiroh, Y. F. (2017). PENGENDALIAN EMOSI (Kajian Religio-Psikologis tentang Psikologi Manusia). Jurnal Saintifika Islamica, 2(1), 53–63.

Putri, D. R. (2016). Peran Dukungan Sosial dan Kecerdasan Emosi Terhadap Kesejahteraan Subjektifpada Remaja Awal. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(1), 12. https://doi.org/10.23917/indigenous.v1i1.1770

Setyawan, A. A., & Simbolon, D. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smk Kansai Pekanbaru. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2980

Winkel, W. S. (2004). Psikologi Pengajaran Yogykarta: Media Abadi.

Ahmadi, A. & Supriyono, W. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Astriyani, A., Triyono, T., & Hitipeuw, I. (2018). Hubungan Motivasi Belajar dan Tindakan Guru dengan Prestasi Belajar Siswa dengan Latar Belakang Broken Home Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(6), 806–809. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/11220/5363

Djamarah, S.B. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Goleman, D. 2002. Kecerdasan Emosional: Mengapa Emosional lebih tinggi Dari IQ. Jakarta: Gramedia

Pustaka. ---------------. 2006. Emotional Inteligence (cetakan ke-16). Jakarta : Gramedia Pustaka.

Kompri. (2015). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. 5(2).

Mu’tadin, Z. (2002). Mengenal Kecerdasan Emosi Remaja.

Melia, E. (2010). Hubungan antara konformitas dengan motivasi belajar SMP Istiqlal Deli Tua. Skripsi. Tidak

diterbitkan. Medan. Univeritas Medan Area

Nadhiroh, Y. F. (2017). PENGENDALIAN EMOSI (Kajian Religio-Psikologis tentang Psikologi Manusia). Jurnal Saintifika Islamica, 2(1), 53–63.

Putri, D. R. (2016). Peran Dukungan Sosial dan Kecerdasan Emosi Terhadap Kesejahteraan Subjektifpada Remaja Awal. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(1), 12. https://doi.org/10.23917/indigenous.v1i1.1770

Setyawan, A. A., & Simbolon, D. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smk Kansai Pekanbaru. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2980

Winkel, W. S. (2004). Psikologi Pengajaran Yogykarta: Media Abadi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.