IMPLEMENTASI PROGRAM BTAQ DALAM MEMBENTUK SIKAP RELIGIUS SISWA DI SD MUHAMMADIYAH NGADIWINATAN

Lutfi Nindya Arum Isnanti, Fery Setyaningrum, Annisatus Sholihah, Anissa Rahma Fanilika

Abstract


Program BTAQ adalah kegiatan belajar membaca dan menulis Al-Quran mulai dari iqra sampai Al-Quran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan implementasi program BTAQ dalam membentuk sikap religius siswa SD Muhammadiyah Ngadiwinatan dan untuk mengetahui kendala serta solusinya dalam Program BTAQ. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertempat di SD Muhammadiyah Ngadiwinatan. Pengumpulan data yang dilakukan ialah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pengecekan data hasil wawancara dan dilakukan pengecekan hasil observasi tentang implementasi program BTAQ . Selain observasi dan wawancara diperkuat dengan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode yang diterapkan dalam program BTAQ adalah metode grup/kelompok ditambah dengan metode klasikal/menyeluruh. Penerapan metode tersebut dalam pembelajaran BTAQ dibagi menjadi empat fase, yaitu : perencanaan melalui penjajakan untuk mengetahui sampai mana kemampuan anak dalam membaca iqra dan Al-Quran, pelaksanaan mulai hari senin-kamis, pengawasan dalam setiap harinya, dan evaluasi setiap satu minggu sekali.


Keywords


Program BTAQ, Sikap Religius, Sekolah Dasar.

Full Text:

PDF

References


Hakim, R., Ritonga, M., Khodijah, K., Zulmuqim, Z., Remiswal, R., & Jamalyar, A. R. (2022). Learning Strategies for Reading and Writing the Quran: Improving Student Competence as Preservice Teachers at the Faculty of Tarbiyah and Teacher Training. Education Research International, 2022.

Hikmah, N. (2022). Implementation of Learning to Read Writing The Quran (BTQ) Qutab System and Their Relevance in Early Children's Education. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01), 247-258.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.