Penerapan Model PBL pada Teks Pidato Persuasif Kelas IX SMP Muhammadiyah 2 Prambanan

Siti Nuronniah, Dini Fitriani, Hasrul Rahman

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keterampilan berbahasa dan kemampuan berpidato peserta didik kelas IX SMP Muhammadiyah 2 Prambanan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan dengan cara mengamati peserta didik berpidato di depan kelas. Setelah itu, data dianalisis dan dijabarkan dalam bentuk deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik kelas IX SMP Muhammadiyah 2 Prambanan memiliki penulisan naskah cukup baik. Selain itu, mereka juga memiliki kemampuan berpidato yang cukup baik. Akan tetapi, masih ditemukan beberapa peserta didik yang masih kurang teliti dalam menulis dan kurang jelas intonasinya ketika membacakan pidato sehingga ketika maju dan membacakan teks pidato masih kelihatan kurang mendalami isi teks pidato tersebut.

Keywords


Problem Based Learning, Teks Pidato Persuasif, Kelas IX SMP, Peserta didik.

Full Text:

PDF

References


Aprinia, E., Syahrani, A., & Jupitasari, M. (2022). Penerapan Model PBL Dengan Media Tiktok Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Pidato Persuasif Kelas IX. Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(8), 1132–1139. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i8.57644

Bam, S. A., Setiawan, B., & Saddhono, K. (2018). Penggunaan Bahasa Indonesia Papa Diskusi Siswa SMA Negeri 4 Surakarta : Kajian Dengan Prinsip Kerja Sama Grice Dan Relevansinya Sebagai Bahan Ajar Keterampilan Berbicara. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(1), 281–301. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/bhs_indonesia/article/view/12239/8700

Dwianti, I. N., Julianti, R. R., & Rahayu, E. T. (2021). Pengaruh Media Power Point Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Aktivitas Kebugaran Jasmani Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(4), 295–307. https://doi.org/10.5281/zenodo.5335922

Hamid, R., Hidayat, A., & Safitri, A. (2021). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH), 3(1), 1–9. https://doi.org/10.51454/jimsh.v3i1.52

Haryatmoko. (2020). Jalan Baru Kepemimpinan & Pendidikan: Jawaban atas Tantangan Disruptif Inovatif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kusuma, N. (2013). Kesulitan Siswa Dalam Membaca Pemahaman Pada Siswa Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Nurcholis, A., Suciati, & Indrowati, M. (2013). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) disertai Artikel Ilmiah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X3 SMAN 2 Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Bio-Pedagogi, 2(2), 58–67. https://jurnal.uns.ac.id/pdg/article/view/5300/4698

Nurulia, E. (2018). Penerapan Model PBL (PROBLEM BASED LEARNING) Dengan Strategi Flipped Classroom Pada Materi Usaha Dan Energi Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Di SMAN 1 Toboali. 1(7), 1–11.

Rexadi, V. G. (2019). Pengaruh Komunikasi Persuasif Suhay Salim Terhadap Keputusan Pembelian skincare Safi. Hilos Tensados, 1(2), 1–476.

Suardi, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deeppublish.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.