Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) dalam Mata Pelajaran Praktik "Engine Kendaraan Ringan" Pada Siswa Teknik Kendaraan Ringan Otomotif SMKN 2 Depok Sleman

Estia Rizky Amalia Putri, Ananda Riski Hakim, Aldi Febri Hananta, Kurnia Rega Nugraha, Puguh Wisubo Aji, Arief Syamsuddin

Abstract


Pendidik yang baik tidak hanya berusaha membantu siswanya  memperoleh berbagai  pengetahuan dan keterampilan, tetapi mereka juga sangat baik dalam memungkinkan mereka untuk bekerja dalam kelompok dan mengeksplorasi berbagai hal secara logis, sistematis, dan kreatif, juga memainkan peran penting. Tujuan  model pembelajaran ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dan untuk mengetahui seberapa baik peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa. Dalam pembelajaran ini, siswa dilatih dalam analisis masalah, penelitian, pengumpulan informasi, interpretasi, dan evaluasi proyek yang mereka kerjakan,Metode pengumpulan data yang dipilih adalah Metode Observasi,Penelitian dilakukan selama 4 minggu (1 bulan) dengan menggunakan sampel 36 siswa (Kelas XI TKR A). Hasil penelitian Praktik Engine Kendaraan Ringan  menggunakan metode pembelajaran Project based learning (PjBL) ini sangat memudahkan siswa untuk mempelajari engine kendaraan ringan  lebih cepat dan lebih mendalam


Keywords


Pendidik,Observasi, PjBL

Full Text:

PDF

References


Marlyn, L.T. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL).

Sari, R.T., & Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Universitas Bung Hatta.

Asprilla, D. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKR 2 Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik di SMK N 2 Pengasih. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Nurfitriyanti, M. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Universitas Indraprasta PGRI.

Setiana, E. (2016). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Kelas XI. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Andayani, E. (2016). Analisis Praktik Kerja Industri Terhadap Penguasaan Skill Siswa Dalam Menghadapi Dunia Kerja di SMK NU Bululawang Malang. Universitas Kanjuruhan Malang.

Sani, N.M. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII Teknik Otomotif Pada Mata Pelajaran Transmisi Otomatis Mobil. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.