Persepsi Pembelajaran Luar Kelas Mata Pelajaran Biologi sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka

Muhammad Faisal, Novi Febrianti

Abstract


Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka dengan metode pembelajaran luar kelas dari persepsi peserta didik dan guru biologi. Hal ini didasarkan pada pentingnya penelitian yang dilakukan berkaitan dengan kesesuaian metode pembelajaran luar kelas dengan implementasi kurikulum merdeka didukung dengan persepsi peserta didik dan guru dalam pembelajaran dikaitkan dengan proses pemulihan learning loss. Jenis penelitian yaitu penelitian deskriptif. Sampel pada penelitian yaitu 2 orang guru biologi kelas X dan peserta didik kelas X.A, X.B, X.C, X.D dan X.E yang dipilih secara random sampling sejumlah 6 peserta didik setiap kelas. Penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran luar kelas merupakan salah satu implementasi kurikulum merdeka. Metode pembelajaran luar kelas sesuai dengan kebutuhan pembelajaran biologi kelas X didukung dengan meningkatnya pemahaman materi dan motivasi belajar peserta didik. Penggunaan metode pembelajaran luar kelas sebagai implementasi kurikulum merdeka merupakan alternatif pemulihan learning loss.

Keywords


Pembelajaran Luar Kelas, Kurikulum Merdeka, Learning Loss

Full Text:

PDF

References


Albrecht, J. R., & Karabenick, S. A. (2018). Relevance for Learning and Motivation in Education. Journal of Experimental Education, 86(1), 1–10. https://doi.org/10.1080/00220973.2017.1380593.

Ariesandy, K. T. (2021). Pengaruh Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor Learning) Berbentuk Jelajah Lingkungan Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajaran, 15(1), 110-120.

Evayani, N. L. P. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Metode Outdoor Dalam. Indonesian Journal of Educational Development, 1(3), 391–400.

Nyoman, I., Laba Jayanta, Gusti Ngurah, and Sastra Agustika. (2020). “Pemahaman Guru Sekolah Dasar Terhadap Kebijakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Merdeka Belajar.” Seminar Nasional Riset Inovatif 7, 403–407.

Permendikbudristek No. 16 Tahun 2022 tentang Standar Proses pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah.

Santosa, P. (2018). Mahir Praktikum Biologi, Penggunaan Alat-Alat Sederhana dan Murah Untuk Percobaan Biologi. Yogyakarta: Deepublish.

Sogunro, O. A. (2015). Motivating Factors for Adult Learners in Higher Education. International Journal of Higher Education, 4(1), 22–37. https://doi.org/10.5430/ijhe.v4n1p22

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sulistyo, W. D. (2019). Study on Historical Sites: Pemanfaatan Situs Sejarah Masa Kolonial di Kota Batu sebagai sumber pembelajaran berbasis outdoor Learning. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(2), 124–135.

Suryaningsih, Y. (2017). Pembelajaran berbasis praktikum sebagai sarana siswa untuk berlatih menerapkan keterampilan proses sains dalam materi biologi. Jurnal Bio Educatio, 2(2), 49-57.

Thomas, G. J., & Munge, B. (2017). Innovative outdoor fieldwork pedagogies in the higher education sector: Optimising the use of technology. Journal of Outdoor and Environmental Education, 20(1), 7–13. https://doi.org/10.1007/BF03400998.

Waite, S. (2011). Teaching and learning outside the classroom: Personal values, alternative pedagogies and standards. Education 3-13, 39(1), 65–82. https://doi.org/10.1080/03004270903206141.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.