Implementasi Kegiatan Salat Duha dalam Membentuk Karakter Mandiri Siswa SD Muhammadiyah Bleber
Abstract
Abstrak:Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran kegiatan salat duha dalam membentuk karakter mandiri SD Muhammadiyah Bleber. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif menggunakan metode deskriptif analisis. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa implementasi sholat duha di SD Muhammadiyah Bleber berhasil membentuk karakter mandiri pada siswa. Hal ini ditunjukkan dengan perilaku siswa ditinjau indikator karakter mandiri pada Teori Aksen. Karakter mandiri yang terlihat dalam diri siswa setelah dilakukan pembiasaan sholat duha bersama yaitu: (1) Siswa memenuhi tanggung jawab untuk mempersiapkan tempat sholat duha secara bergilir berdasarkan jadwal yang telah disepakati bersama. (2) Siswa belajar manajemen waktu dengan baik agar tidak terlambat ke sekolah dan dapat melaksanakan sholat duha bersama dengan teman-temannya. (3) Siswa tertib mengambil air wudhu. (4) Siswa terbiasa untuk tertib dalam salat dan tidak melakukan aktivitas lain di luar gerakan salat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Annisa, F. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Disiplin Pada Siswa Sekolah Dasar. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 10(1), 69–74. https://doi.org/10.25299/perspektif.2019.vol10(1).3102
Bidadari, A. B. (2022). Ibtidaiyyah : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI BUDAYA. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 79–92.
Dr. Sukatin, S. P. I. M. P. I., & Dr. M. Shoffa. Saifillah Al-Faruq, M. P. I. (2021). Pendidikan Karakter. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=7kcyEAAAQBAJ
Eko Suharyanto, S. T. M. K., & Dr. Yunus, S. P. I. M. P. I. (2021). Pendidikan Karakter Yang Efektif Di Era Milenial. Penerbit Adab. https://books.google.co.id/books?id=kXY-EAAAQBAJ
Faqih Purnomosidi, S. P. M. P., Widiyono, S. K. N. M. K., & Anniez Rahmawati Musslifah, M. P. P. (2022). Buku referensi kesejahteraan psikologis dengan sholat dhuha. Lembaga Chakra Brahmana Lentera. https://books.google.co.id/books?id=nPJvEAAAQBAJ
Musyadad, V. F., Saputro, A. N. C., Prihatmojo, A., Salamun, S., Subakti, H., Ritonga, M. W., Rahmi, S. Y., Kato, I., Harahap, A. L., & Monia, F. A. (2022). Pendidikan Karakter. Yayasan Kita Menulis. https://books.google.co.id/books?id=OjJcEAAAQBAJ
Nawir, M., & K, H. (2020). MODEL PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH DASAR. CV. AA RIZKY. https://books.google.co.id/books?id=8tUKEAAAQBAJ
Nova, D. D. R., & Widiastuti, N. (2019). Pembentukan Karakter Mandiri Anak Melalui Kegiatan Naik Transportasi Umum. Comm-Edu (Community Education Journal), 2(2), 113–118.
Oktaviani, R., & Fatmariza, F. (2018). Implementasi Program Keluarga Harapan dalam Pengentasan Kemiskinan di Pesisir Selatan. Journal of Civic Education, 1(2), 123–132. https://doi.org/10.24036/jce.v1i2.208
Pd, F. M., Alim, W. S., Ainu Zumrudiana, M. P., Pd, I. W. L. M., Achmad Baidawi, M. P., Alinea Dwi Elisanti, S. K. M. M. K., & MEDIA, C. V. A. (2021). Pendidikan Karakter. Agrapana Media. https://books.google.co.id/books?id=fcAZEAAAQBAJ
Prof. Dr. H. E. Mulyasa, M. P. (2022). Manajemen Pendidikan Karakter. Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=GT6AEAAAQBAJ
Rahman, U. A. (2016). Panduan Sholat Wajib & Sunnah Sepanjang Masa Rasulullah Saw. Shahih. https://books.google.co.id/books?id=gG15CwAAQBAJ
Ristiliana, Salmiah, & Ummi Mawaddah Alfitri. (2019). Analisis Karakter Mandiri Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Madrasah Aliyah Nurul Hidayah Bantan. Scientific Journals of Economic Education, 8(September), 33–40.
Sma, D. I., Arif, M. A., & Malang, L. (2022). UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN RELIGIUS.
Wulandari, D. (2019). Dampak Pembiasaan Solat Dhuha Berjamaah Terhadap Peningkatan Moral Siswa Di Sma Syarif Hidayatullah Grati.
Yudabangsa, A. (2020). Pengembangan Kesadaran Keberagamaan dan Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha’. Attractive : Innovative Education Journal, 2(1), 117. https://doi.org/10.51278/aj.v2i1.30
Refbacks
- There are currently no refbacks.