Peran dan Strategi Pendidik dalam Meningkatkan Antusias Belajar Siswa Kelas XII di SMA Muhammadiyah Kalasan

Dinda Fajarika Syafitri, Ajeng Retno Ariani, Denik Wirawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dan strategi pendidik dalam meningkatkan antusias belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas XII SMA Muhammadiyah Kalasan. Pendekatan dalam penelitian menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa peran dan strategi pendidik dalam meningkatkan antusias belajar siswa di SMA Muhammadiyah Kalasan sudah maksimal karena pendidik sudah melaksanakan perannya dengan baik untuk memotivasi serta meningkatkan belajar siswa. Adapun peran pendidik dalam motivasi belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia antara lain pendidik menjadikan siswa yang aktif dalam kegiatan belajar mengajar, pendidik mampu membuat suasana kelas yang kondusif, pendidik mampu mewujudkan metode pembelajaran yang bervariasi, pendidik meningkatkan antusias dan semangat dalam mengajar, terkadang juga pendidik memberikan penghargaan kepada siswa dapat berupa nilai, hadiah, pujian, dan sebagainya agar siswa termotivasi belajar, dan pendidik mampu menciptakan aktivitas yang melibatkan para siswa di dalam kelas.

Keywords


Peran, strategi pendidik, antusias Belajar

Full Text:

PDF

References


Sunadi, L. (2010). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi Ips Di Sma Muhammadiyah 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1–19.

Khoerunnisa, R. A., Fathurrohman, N., & Arifin, Z. (2021). Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. EDUMASPUL Jurnal Pendidikan, 5(2), 212–215.

Arianti. (2018). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika Jurnal Kependidikan, 12(2)

Muti’ah, A., Purnomo, B. E., Widayati, E. S. (2021). Strategi Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Muhammadiyah 1 Jember. FKIP Universitas Jember.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.