ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SD MUHAMMADIYAH PAKEM

Mudrika Rahma, Asih Mardati, Hafidan Nur Furqon, Nisaurrahmah Nisaurrahmah

Abstract


Salah satu komponen penting dalam pelaksanaan pendidikan adalah kurikulum. Perubahan kurikulum akan terus terjadi guna meningkatkan kualitas pendidikan. Kurikulum Pendidikan di Indonesia telah mengalami berbagai perubahan. Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum terbaru yang dicetuskan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Indonesia, Nadiem Makarim. Konsep utama dari kurikulum Merdeka belajar adalah merdeka dalam berpikir. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi Kurikulum Merdeka di SD Muhammadiyah Pakem. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Guru kelas IV SD Muhammadiyah Pakem. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka di SD Muhammadiyah Pakem telah terlaksana dengan baik dan optimal. Namun demikian, terdapat beberapa hal yang menjadi tantangan guru dalam mengimplementasikan kurikulum seperti guru dituntut untuk dapat kreatif dan inovatif. Guru harus dapat dapat belajar secara mandiri melalui platform merdeka mengajar. Selain itu, guru merasa sedikit kesulitan dalam melakukan analisis Capaian Pembelajaran (CP). Untuk mengatasi tantangan tersebut, guru di SD Muhammadiyah Pakem mengikuti kegiatan KKG yang dilaksanakan secara rutin.

Keywords


Kurikulum Merdeka; implementasi; SD Muhammadiyah Pakem

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.