EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POSTER DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH 1 BANTUL
Abstract
Media pembelajaran berfungsi sebagai penunjang dalam kegiatan belajar mengajar untuk mengoptimalkan materi yang disampaikan guru kepada siswa. Media pembelajaran yang sering dijumpai di kelas yakni penggunaan PowerPoint, yang mana guru hanya menerangkan dari tayangan sehingga tidak menarik perhatian siswa dan cenderung membosankan. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah dapat menjadikan media berbasis poster di dalam lkegiatan lbelajar lmengajar lagar llebih lefektif, ljelas, lpadat ldan lsingkat lsehingga lmakna ldan lpembelajarannya ldapat lditerima loleh lsiswa ldengan loptimal. lJenis lpenelitian lini lmenggunakan lpendekatan ldeskriptif lkualitatif ldengan lobjek lpenelitian lefektivitas lpembelajaran lPendidikan lPancasila ldan lKewarganegaraan lmenggunakan lmedia lposter. lDengan lsubjek lpenelitian lyaitu lsiswa lkelas lXI lMIPA l1 ldi lSMA lMuhammadiyah l1 lBantul. lMetode lpenelitian lyang ldigunakan lyakni lobservasi ldan jenis penelitian berupa ltindakan kelas dengan teknik penelitian analisa deskriptif. Adapun lhasil lpenelitian lmenunjukkan ladanya lsikap lantusias lbelajar ldan lsemangat lsiswa lmenjadi ltinggi ldalam lpembelajaran lPendidikan lPancasila ldan lKewarganegaraan lberbasis lposter ldibandingkan lmenggunakan lmedia lPowerPoint lyang lcenderung lmembosankan ldan lmonoton.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.