EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POSTER DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH 1 BANTUL

Febriantyka Adhela Dwi Pramessuri, Anindya Puteri Irwanti, Dr. Sumaryati, M.Hum

Abstract


Media pembelajaran berfungsi sebagai penunjang dalam kegiatan belajar mengajar untuk mengoptimalkan materi yang disampaikan guru kepada siswa. Media pembelajaran yang sering dijumpai di kelas yakni penggunaan PowerPoint, yang mana guru hanya menerangkan dari tayangan sehingga tidak menarik perhatian siswa dan cenderung membosankan. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah dapat menjadikan media berbasis poster di dalam lkegiatan  lbelajar  lmengajar  lagar  llebih  lefektif,  ljelas,  lpadat  ldan  lsingkat  lsehingga  lmakna  ldan  lpembelajarannya  ldapat  lditerima  loleh  lsiswa  ldengan  loptimal.  lJenis  lpenelitian  lini  lmenggunakan lpendekatan  ldeskriptif  lkualitatif  ldengan  lobjek  lpenelitian  lefektivitas  lpembelajaran  lPendidikan  lPancasila  ldan  lKewarganegaraan  lmenggunakan  lmedia  lposter.  lDengan  lsubjek  lpenelitian  lyaitu  lsiswa  lkelas  lXI  lMIPA  l1  ldi  lSMA  lMuhammadiyah  l1  lBantul.  lMetode  lpenelitian  lyang  ldigunakan  lyakni  lobservasi  ldan  jenis penelitian berupa ltindakan   kelas dengan teknik penelitian analisa deskriptif. Adapun  lhasil  lpenelitian  lmenunjukkan  ladanya  lsikap  lantusias  lbelajar  ldan  lsemangat  lsiswa  lmenjadi  ltinggi  ldalam  lpembelajaran  lPendidikan  lPancasila  ldan  lKewarganegaraan  lberbasis  lposter  ldibandingkan  lmenggunakan  lmedia  lPowerPoint  lyang  lcenderung  lmembosankan  ldan  lmonoton.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.