Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Generatif SMP Muhammadiyah Sewon

Betta Puspita Ningrum

Abstract


Pada penelitian ini di latarbelakangi oleh permasalahan yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik dalam memecahkan masalah matematis pasca pandemi  pada kegiatan pembelajaran daring. Sehingga, Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi kemampuan peserta didik dalam memecahan masalah matematis pada pembelajaran matematika khususnya pada materi Aljabar dengan menggunakan model pembelajaran generatif. Peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif dan Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A SMP Muhammadiyah Sewon tahun pelajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes. Untuk menganalisis data pada penelitian ini menggunakan Statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meningkatnya nilai peserta didik kelas VII A  setelah menggunakan model pembelajaran generatif, peserta didik juga lebih aktif dalam pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148-158.

Abdurrahman, Mulyono. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dahar, R. W. (2011). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Ariawan, R., & Nufus, H. (2017). Hubungan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan kemampuan komunikasi matematis siswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2), 82-91


Refbacks

  • There are currently no refbacks.