ANALISIS KESALAHAN PEMECAHAN MASALAH TURUNAN FUNGSI TRIGONOMETRI OLEH PESERTA DIDIK SMA N 1 BANTULANALISIS KESALAHAN PEMECAHAN MASALAH TURUNAN FUNGSI TRIGONOMETRI OLEH SISWA SMA N 1 BANTUL

najla zaul Fadaukas, Uswatun Khasanah

Abstract


Abstrak: Salah satu kemampuan untuk meningkatkan tujuan dalam pembelajaran matematika adalah dengan pemecahan masalah matematika.  Kemampuan pemecahan masalah memiliki peran penting untuk melihat kualitas dari peserta didik. Untuk itu pada pelaksanaan PLP 2 ini peneliti melakukan penelitian dengan menganalisis kesalahan pemecahan masalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kesalahan apa saja yang dilakukan  peserta didik SMA N 1 Bantul dalam mengerjakan soal tentang turunan fungsi trigonometri . Terdapat tiga aspek kesalahan yang dilihat yaitu: 1. Kesalahan konsep, 2. kesalahan prosedural dan 3. Kesalahan Teknik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pemberian soal kepada  peserta didik. Subjek yang diambil dari penelitian ini adalah  peserta didik kelas XII IPA 1 SMA N 1 Bantul. Menurut hasil dan pembahasan, dapat diambil kesimpulan bahwa penelitian ini menunjukkan jenis kesalahan yang paling banyak ditemukan yakni kesalahan konseptual

 


Full Text:

PDF

References


Apriliyanto, B. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam pemecahan masalah turunan fungsi aljabar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(2), 117-125.

Cahyani, A., & Aini, I. N. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal trigonometri berdasarkan kriteria watson. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(2), 365-372.

Hidayat, W., & Aripin, U. (2020). Identifikasi kesalahan jawaban mahasiswa pada mata kuliah trigonometri berdasarkan dimensi pengetahuan krathwohl. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 142-153.

Huljannah, M., & Sugita, G. (2015). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan dan Identitas Trigonometri Berdasarkan Kriteria Watson di Kelas X SMA Al-Azhar Palu. Aksioma, 4(2), 164-176.

Junaidi, M. K. P., & Lutfianto, M. (2018). Pengaruh Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi trigonometri. Jurnal Pembelajaran Matematika, 5(2).

Rachman, A. F., & Saripudin, S. (2020). Analisis kesalahan siswa kelas xi pada materi trigonometri. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 126-133.

Sumargiyani, S., & Nafiâ, B. (2020, February). Analisis Kesulitas Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Kalkulus Diferensial. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 3, pp. 591-598).

Zain, A. N., Supardi, L., & Lanya, H. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Materi Trigonometri. Sigma, 3(1), 12-16.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.