Analisis Minat Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA 1 terhadap Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan di SMAN 1 Imogiri

Purwanti Purwanti, Novi Febrianti, Salma Amanda, Nabilah Rahmawati

Abstract


Abstrak: Karakteristik peserta didik kelas XI MIPA 1 saat pembelajaran biologi cenderung pasif, hal ini menjadi perhatian saat kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis minat belajar siswa melalui praktik pembelajaran dengan materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan kelas XI MIPA 1 di SMA Negeri 1 Imogiri Kabupaten Bantul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan data dilakukan melalui angket melalui google formulir dengan total pertanyaan 5 sehingga memudahkan peserta didik  dalam menjawab pertanyaan yang terdapat dalam angket dan disebarkan kepada siswa kelas XI MIPA 1. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Imogiri. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas siswa XI MIPA 1 sebanyak 34 siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persentase paling banyak pada indikator pertanyaan pertama yaitu 61,8% dengan keterangan bahwa responden memilih setuju. Pada indikator pertanyaan kedua persentase yang didapatkan yaitu 50,0% dengan keterangan bahwa responden memilih Netral dan untuk indikator pertanyaan ketiga responden sebagian besar memilih netral dengan persentase yang ditunjukkan yaitu 58,8%,  sedangkan untuk indikator keempat presentasi yang ditunjukkan 55,9% dengan sebagian besar responden memilih setuju, pada indikator terakhir sebagian besar responden memilih setuju dengan persentase yang ditunjukkan 41,2%.

 


Full Text:

PDF

References


Aminoto, Tugiyo., & Pathoni, Hairul. (2014). Penerapan Media E-Learning Berbasis Schoology UntukMeningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Usaha dan Energi Di Kelas XI SMA N 10 Kota Jambi. Jurnal Sainmatika, 8(1), 13-29

Anggreni, N., M., D., Dantes, N., dan Candiasa, I., M. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Master dan Asesmen Autentik Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Payangan”. e- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Vol 4, 1- 11.

Fryer, L. K. (2015). Predicting Self Concept, Interest and Achievement for First –Year Students: The Seeds of Lifelong Learning. Learning and Individual Differences.

Goleman, daniel; boyatzis, Richard; Mckee, A., & Perdana. (2018). Kejenuhan Belajar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Lestari, K. E. dan Yudhanegara, M., R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama

Lin, S., H., & Huang, Y., C. (2016). Examining Charisma in Relation to Students Interest in Learning. Active Learning in Higher Education, 17 (2), 139-151.

Rifa’i, A., dan Catharina, T., A. 2012. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES PRESS.

Rojabiyyah, A. B., & Setiawan, W. 2019. Analisis Minat Belajar Siswa MTs Kelas VII dalam Pembelajaran Matematik Materi Aljabar Berdasarkan Gender. Journal on Education, 1(2), 458-463.

Sirait, Erlando Doni. 2016. Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematik. Jurnal Formatif, 6(1): 35-43

Suwarma, A., M. 2015. Dasar Penelitian Kualitatif. Bandung: Gelar Pustaka Mandiri.

Silfitrah, S., & Mailili, W. H. (2020). Pengaruh minat belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 4 Sigi. Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 53-60

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Fatonah, U., Wirayuda, R. P., Wibisono, G., & Sakahuni, S. (2020). ANALISIS MINAT BELAJAR KELAS XI SMA NEGERI 1 SUNGAI PENUH PADA PEMBELAJARAN FISIKA. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 16(2), 145-152.

Wang, Z., & Adesope, O. (2016). Exploring the Effects of Seductive Details with The 4-Phasemodel of Interest. Learning and Motivation, 55, 65-77.

Pathoni, H., & Susanti, N. (2017). Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Lesson Study Menggunakan Model Guided Inquiry di MTS Laboratorium Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(4), 142-146.

Kurnia, N., Hendri, M., & Phatoni, H. (2016). Hubungan Persepsi Dengan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X Mia Di Sma Negeri 4 Kota Jambi Dan Sma Negeri 11 Kota Jambi Nila. Jurnal EduFisika, 01(02), 55–63.

Restiarni, E.p., Aminoto, Tugiyo., & Pujaningsih, F.B., (2019). Pengembangan Modul Elektronik Pada Materi Persamaan Schrodinger Mata Kuliah Fisika Kuantum Untuk Mengembangkan HOTS Mahasiswa. Edufisika : Jurnal Pendidikan Fisika Edufisika. 4(2), 1-12


Refbacks

  • There are currently no refbacks.