PENGGUNAAN GOOGLE TRANSLATE OLEH SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS

Amalia Mufida Yasin, Umi Rokhyati

Abstract


 

Pada zaman sekarang manusia dimudahkan dalam berbagai aspek kehidupan terutama dalam bidang teknologi. Banyak inovasi yang muncul untuk memudahkan manusia menyelesaikan pekerjaannya. Salah satunya adalah mesin penerjemah digital, yang paling terkenal dan adalah Google Translate. Google translate adalah sebuah layanan penerjemahan yang dapat digunakan dalam berbagai Bahasa. Pada bidang pendidikan Google Translate bukanlah hal yang baru untuk digunakan. Siswa sekolah biasa menggunakan Google Translate untuk menunjang atau mendukung mereka di dalam pelajaran Bahasa Inggris. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan Google translate di dalam pelajaran Bahasa Inggris bagi siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Google Translate membantu siswa dalam menerjemahkan teks tanpa harus membawa kamus atau mencarinya secara manual. Google Translate dapat menghemat waktu dan mempersingkat pekerjaan siswa dalam menyelesaikan tugas di dalam kelas Bahasa. Kesimpulannya bahwa Google Translate memiliki pengaruh besar untuk siswa dalam pelajaran Bahasa Inggris karena efektif dan dapat mempersingkat waktu dalam pelajaran.

 


Full Text:

PDF

References


Alam. (2020). Google Translate Sebagai Alternatif Media Penerjemahan Teks Bahasa Asing Ke Dalam Bahasa Indonesia. Jurnal Instruksional, 1(2), 159-163

Atmoko, Bambang Dwi. 2017. “Neural Machine Translation Technology Make Google Translate More Accurate Gizmologi English Edition.” Gizmolo.id. 30 April 2017.

Catford. 1965. A Linguistic Theory of Translation: An Essay in Applied Linguistics. London: Oxford University Press.

Moleong. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Sugiono. 2005. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Zuchri. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: CV. Syakir Media Pers. Google Terjemahan (https://id.wikipedia.org/wiki/Google_Terjemahan)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.