Analisis Faktor Penyebab Bullying di Kalangan Peserta Didik

Revana Elianita, Muya Barida

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah faktor penyebab perilaku bullying di peserta didik serta bagaimana solusi untuk menangulanginya. Penelitian ini penggunaan metode pendekatan studi kasus. Sumber data diambil melalui wawancara kepada sepuluh orang informan dari peserta didik Sekolah Menengah Pertama. Seluruh data wawancara kemudian dianalisis secara deskriptif. Secara keseluruhan hasil penelitian Sembilan tema penting. Empat tema terkait faktor penyebab perilaku bullying yaitu: i) telah membudaya dikalangan peserta didik, ii) perbedaan fisik antara pelaku dan korban, iii) penegakan disiplin oleh senior kepada junior dan iv) kondisi cacat dan kelemahan fisik korban. Selanjutnya lima tema terkait solusi menangulangi permasalahan bullying yaitu) memberikan tindakan tegas pelaku, ii) meniadakan tayangan televisi yang berkaitan dengan kekerasan, iii) membekali anak dengan ilmu beladiri, iv) memberikan edukasi secara berkelanjutan tentang bahaya perilaku bullying, dan v) menanamkan sikap saling menghormati kepada anak.

Keywords


Perilaku, Faktor, Solusi, Siswa, Bullying

Full Text:

PDF

References


Amnda, V., Wulandari, S., Wulandari, S., Syah, S.N., Retari, Y.A., Atikah, S.,& Arifin, Z. (2020). Bentuk Dan Dampak Perilaku Bullying Terhadap Peserta Didik. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurus Sekolah, 5(1), 19- 32.

Ariesto, A. (2009). Pelaksanaan Program Pemberdayaan Guru Anti Bully. Diakses pada 12 Juni 2017.

Braun, V., Clarke, V., Hayfield, N., Frith, H., Malson, H., Moller, N., & Shah- Beckley, I. (2019). cerita kualitatif penyelesaian: Kemungkinan dan perangkap potensial. Kualitatif Penelitian Psikologi, 16(1), 136- 155.

Bungin, B. 2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif: Pemahaman Filosofis dan Metodologis Ke Arah Pengusaan Model Aplikasi. Jakarta: P.T. Raja Grafindo Persada.

Coloroso, B. (2007). Hentikan Penindasan (Memutus Rantai Kekerasan Anak dari Prasekolah Hingga SMU). Jakarta: Ikrar Mandiri Abadi.

Carroll, A., Houghton, S., Durkin, K., & Hattie, J.A. (2009). Remaja reputasi dan risiko: Perkembangan lintasan untuk kenakalan. Peloncat Sains & Media Bisnis.

Damri, D., Engkizar, E., & Anwar, F. (2017). Hubungan Self-Efficacy Dan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Tugas Kuliah. EDUKASI JURNAL: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1), 74-95.

Darmawan, D. 2017. Fenomena Bullying dalam pengaturan sekolah. Jurnal kependidikan: Penelitian inovasi pembelajaran, 1 (2) Denzin, NK & Lincoln, YS. 1994. Pendahuluan: Memasuki Bidang Penelitian kualitatif. Ribu Oaks: Publikasi Sage.

Engkizar, E., Alfurqan, A., Murniyetti, M., & Muliati, I. (2018). Perilaku dan Faktor Penyebab Plagiarisme Diantaranya Mahasiswa S1 di Menyelesaikan Kursus di Mata Pelajaran Pendidikan Agama. khalifah Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 98-112.

Eriyanti, F., Engkizar, E., Alhadi, Z., Moeis, I., Murniyetti, M., Yulastri, A., Syafril, S. Dampak Kebijakan Pemerintah terhadap Ekonomi dan Pendidikan Anak Nelayan di Padang Kota. E&ES, 469(1), 012057.

Engkizar, E., Muliati, I., Rahman, R., & Alfurqan, A. (2018). Pentingnya Mengintegrasikan TIK ke dalam Islam Belajar Mengajar dan Belajar Proses. Jurnal Islam Khalifah Pendidikan, 1(2), 148-168.

Hasanah, U., Alizamar, A., Marjohan, M., & Engkizar, E. (2019). Efek dari Kemanjuran Diri dan Dukungan Orang Tua aktif Motivasi Belajar Manajemen Mahasiswa Bisnis di Padang SMK Swasta. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 6(2), 133- 140.

Jaafar, A., Syafril, S., Faisal, F., Engkizar, E., Anwar, F., & Hakim, R. (2020). Dampak Globalisasi pada Perilaku Remaja di Malaysia. Islamiyyat, 41(2), 3-8.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.