PENERAPAN KEGIATAN PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS 2 B DI SD MUHAMMADIYAH MBS PRAMBANAN

Nurzahrawani Aninda Zakiyah, Fazul Istiqomah, Siwi Purwanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan proyek untuk meningkatkan kreativitas siswa di SD Muhammadiyah MBS Prambanan. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari peneIitian ini adalah melalui kegiatan siswa yang diadakan setiap hari sabtu merupakan kegiatan yang bermanfaat untuk mengembangkan daya kreativitas siswa. Kegiatan proyek ini juga bermanfaat untuk melatih kekompakan siswa dan mengajarkan pentingnya kerja sama Tim, sehingga kedepannya akan saling membantu dan kompak dalam segala hal. Terdapat kendala juga dalam kegiatan proyek seperti, adanya siswa yang izin sakit harus melakukan praktik susulan, kemudian dalam teknik pemukulan masih kurang sesuai dll.

Keywords


Kegiatan Proyek, Eco Print, Kreativitas

Full Text:

PDF

References


Widiantoro, S. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Ecoprint untuk Meningkatakan Keterampilan Abad 21 di Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar , 4 (3), 759-778.

Natty, R. A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1082-1092.

Bahrudin, B., Hidayat, S., & Hendrayana, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dengan Memanfaatkan Tik Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran): Edutech and Intructional Research Journal, 5(2).

Astuti, R. (2015). Meningkatkan kreativitas siswa dalam pengolahan limbah menjadi trash fashion melalui PjBL. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 37-41.

Sedjati, D. P., & Sari, V. T. (2019). Mix Teknik Ecoprint dan Teknik Batik Berbahan Warna Tumbuhan dalam Penciptaan Karya Seni Tekstil. Corak: Jurnal Seni Kriya, 8(1), 1-11.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.