PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA

erinne kusuma ndari, erinne kusuma ndari

Abstract


Wabah COVID-19 yang terjadi di Indonesia memberikan dampak yang sangat signifikan di berbagai sektor kehidupan. Salah satunya yaitu pada sektor pendidikan. Hal tersebut membuat pemerintah menerapkan beberapa kebijakan agar supaya peserta didik dapat melaksanakan proses belajar mengajar. Salah satu wujud nyata dari kebijakan pemerintah yaitu dengan menerapkan sistem belajar mengajar secara daring atau online. Kegiatan pembelajaran jarak jauh (study from home) ini dilakukan dari masing-masing rumah siswa. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh informasi mengenai pentingnya peran guru BK dalam meningkatkan minat belajar siswa di masa pandemi. Peran sebagai pembimbing dapat dilakukan dengan tetap memantau siswa dan mengidentifikasi penyimpangan perilaku meski dilakukan secara jarak jauh. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif yaitu jenis penelitian deskriptif secara kajian literatur dan penelitian di lapangan.

Full Text:

PDF

References


Rahmayanti, V. (2016). Pengaruh minat belajar siswa dan persepsi atas upaya guru dalam memotivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SMP di Depok. SAP (Susunan Artikel Pendidikan).

Harahap, E. S. (2019). Peran guru untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui layanan penguasaan konten di yayasan pinta harapan SMP swasta Nurul Ihsan Medan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Marleni, L. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bangkinang. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 149-159.

Budiwibowo, S. (2016). Hubungan minat belajar siswa dengan hasil belajar IPS Di SMP Negeri 14 Kota Madiun. Gulawentah: Jurnal Studi Sosial, 1(1), 60-68.

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Ivana, T., Warjiman, W., & Dwi Hapsari, F. (2021). Penyuluhan Terkait Kenormalan Baru Atau New Normal Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Suaka Insan Mengabdi (Jsim), 2(2), 61–64. https://doi.org/10.51143/jsim.v2i2.280

Morgan, H. (2020). Best Practices for Implementing Remote Learning during a Pandemic. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 93(3), 135–141. https://doi.org/10.1080/00098655.2020.1751480

Parray, H. A., Shukla, S., Samal, S., Shrivastava, T., & Ahmed, S. (2020). Since January 2020 Elsevier has created a COVID-19 resource centre with free information in English and Mandarin on the novel coronavirus COVID- 19 . The COVID-19 resource centre is hosted on Elsevier Connect , the company ’ s public news and information . January.

Riyanti, R. (2019). PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM 2018/2019, MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII MTS MASYARIQUL ANWAR BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN [UIN Raden Intan Lampung]. In Skripsi. https://doi.org/.1037//0033-2909.I26.1.78

Sitanggang, R. (2021). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Era COVID-19 (Studi Literatur). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 5101–5108. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1647

Suprijono, A. (2020). Kesiapan Dunia Pendidikan. IAIN Parepare Nusantara Press, 20–22.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.