Implementasi Student Team Achievement Division pada Materi Jaringan Tumbuhan Kelas XI

Maulida Ivana Sari, Rifda Khairun Nisa, A'isyah Arrobi'atu Rizqiyah, Much Fuad Saifuddin

Abstract


Pentingnya STAD dalam pembelajaran biologi bagi siswa untuk memahami konsep materi jaringan tumbuhan yang sulit dimengerti siswa. Penelitian ini memiliki tujuan dalam hal mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar siswa pada materi jaringan tumbuhan. Jenis penelitian ini yaitu quasi eksperimen dengan populasi penelitian ini yakni semua siswa kelas XI MIPA dan sampel pada penelitian ini  adalah  72 siswa dari kelas XI MIPA 1 berjumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol dan XI MIPA 2 berjumlah 36 siswa sebagai kelas perlakuan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini memakai teknik random sampling berdasarkan kelas yang menerima materi jaringan tumbuhan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dengan instrumen pengumpulan data yang mana memakai lembar tes tertulis (Posttest). Hasil analisis data dimana didapat nilai variabel model pembelajaran STAD sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga hasil belajar siswa pada materi jaringan tumbuhan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terdapat pengaruh yang signifikan.

Keywords


Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Arimadona, S. (2017). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI. PENDIDIKAN IPA VETERAN, 1(1), 72–78. http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jipva

Ermi, N. (2015). Penggunaan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Perubahan Sosial pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 4 Pekanbaru. Jurnal SOROT, 10(2), 155–168.

Indrastuti, W., Utaya, S., & Irawan, E. B. (2017). PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH. Jurnal Pendidikan, 2(8), 1037–1042. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Juraini, Taufik, M., & Wayan Gunada, I. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) dengan Metode Eksperimen Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika pada Siswa SMA Negeri 1 Labuapi Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, II(2), 2407–6902.

Kemdikbud. 2019. Laporan Hasil Ujian Nasional. Diterima dari https://hasilun.pusmenjar.kemdikbud.go.id/#2019!smp!capaian_nasional!99&99&999!T&T&T&T&1&!1!&.

Kusumawati, M. U. (2016). IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR MATERI STRUKTUR - FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN PADA SISWA SMA NEGERI 3 KLATENKELAS XI TAHUN AJARAN 2015/2016. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(7), 19–26.

Muderawa, I. W., Wiratma, I. G. L., & Nabila, M. Z. (n.d.). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN.

Muhibbin Syah. (2010). Psikologi Pendidikan dengan pendekatan baru.Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Tinggi Agama Islam Swasta Lantaboer Jakarta. Corresspondence: Mardiah Kalsum Nasution, Sekolah Tinggi Agama Islam Swasta Lantaboer Jakarta. E-mail. Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1).

Puspawati, N., Lasmawan, W., & Dantes, N. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Minat dan Prestasi Belajar IPS pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Nomor 3 Legian-Badung. Jurnal Pendidikan Dasar, 3, 1–9.

Riyadi, N., Indrowati, M., & Sugiharto, B. (2015). PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS X-F SMA NEGERI 1 TANGEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Bio-Pedagogi, 4(1), 36–39.

Simarmata, U. (2014). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SMA. Inpafi, 2(1), 173–180.

Slavin, Robert E. (2008). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media

Sudana, I. P. A., & Wesnawa, I. G. A. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 1–8.

Suryana, Y. R., & Somadi, T. J. (2018). Kajian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Dalam Upaya Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar Akuntansi. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 2(2), 133–145.

Susanti, Y., Wahjoedi, & Utaya, S. (2017). PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD. Jurnal Pendidikan, 2(5), 661–666. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Wardana, I., Banggali, T., & Husain, H. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team AchivementDivision (STAD) untuk Meningkatkan Hasil BelajarSiswaKelas XI IPA Avogadro SMA Negeri 2 Pangkajene (Studi pada Materi Asam Basa). Jurnal Chemica, 18(1), 76–84.

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). TRANSFORMASI PENDIDIKAN ABAD 21 SEBAGAI TUNTUTAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI ERA GLOBAL. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1.

Wijaya, H., & Arismunandar, A. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Media Sosial. Jurnal Jaffray, 16(2), 175. https://doi.org/10.25278/jj71.v16i2.302

Zahro, F., Degeng, I. N. S., & Mudiono, A. (2018). Pengaruh model pembelajaran student team achievement devision (STAD) dan mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(2), 196. https://doi.org/10.25273/pe.v8i2.3021


Refbacks

  • There are currently no refbacks.