Peran Layanan Bimbingan Karir Dalam Membantu Perencanaan Karir Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Annisa Octavia, Agus Supriyanto

Abstract


Perencanaan karir adalah komponen yang penting dalam kehidupan individu. Perencanaan sejak dini dilakukan agar siswa dapat mengenali potensi yang dimiliki, mengembangkan segala kelebihan yang ada didalam diri agar memiliki perencanaan karir yang tepat. Faktanya banyak sekali remaja terutama anak SMP yang kurang paham mengenai perencanaan karir. Bimbingan karir hadir sebagai sarana bagi siswa pelajar SMP untuk membantu dalam merencanakan dan mengatasi permasalahan yang berkenaan dengan karir. Dengan matode pelatihan diharapkan siswa mampu mengerti dan merancang bagaimana perencanaan karir yang baik bagi dirinya di masa depan

Keywords


Bimbingan Karir, Perencanaan Karir, Pelatihan

Full Text:

PDF

References


Ade, A. H., & Yusuf, A. M. (2021). Analysis of the Urgency Career Guidance and Counseling in Junior High Schools. 3(3), 9.

Afdal, A., Suya, M., Syamsu, S., & Uman, U. (2014). Bimbingan Karir Kolaboratif dalam Pemantapan Perencanaan Karir Siswa SMA. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 2(3), 1–7. https://doi.org/10.29210/11000

Aminnurrohim, A. W., Saraswati, S., & Kurniawan, K. (2014). SURVEI FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT PERENCANAAN KARIR. 7.

Anisa, S., & Anni, C. T. (2016). PENGEMBANGAN MODEL BIMBINGAN KARIR TERINTEGRASI DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN KARIR SISWA SEKOLAH DASAR. 6.

Arjanggi, R. (2017). Identifikasi Permasalahan Pengambilan Keputusan Karir Remaja. Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 22(2), 28–35. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol22.iss2.art3

Athanasou, J. A., & Esbroeck, R. van (Ed.). (2008). International handbook of career guidance. Springer.

Bardick, A. D., Bernes, K. B., Magnusson, K. C., & Witko, K. D. (t.t.). Junior High Career Planning: What Students Want. 14.

Fitriyani, N., Handayani, R., Putri, D. T., & Hidayat, D. R. (2019). IMPLEMENTASI TEORI DONALD E. SUPER PADA PROGRAM PELAYANAN BIMBINGAN KARIR UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Vol ., 65, 14.

Ghassani, M., Ni’matuzahroh, N., & Anwar, Z. (2020). Meningkatkan Kematangan Karir Siswa SMP Melalui Pelatihan Perencanaan Karir. Jurnal Intervensi Psikologi (JIP), 12(2), 123–138. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol12.iss2.art5

Istia’dah, F. N. L., Imaddudin, A., Arumsari, C., Nugraha, A., Sulistiana, D., & Sugiana, G. (2018). PROGRAM BIMBINGAN KARIR PADA SISWA KELAS XII SMK ASSAABIQ SINGAPARNA. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 31–40. https://doi.org/10.35568/abdimas.v1i1.237

Jin, M. (2001). A Study on the Program of Work-based Career Guidance for Junior High School Students of Korea. 3.

Kholifah, A. D. N., Putro, S. C., & Rahmawati, Y. (2018). HUBUNGAN PERILAKU POSITIF DALAM PRAKTIKUM DAN KETERLAKSANAAN BIMBINGAN KARIR DENGAN KESIAPAN BERKARIR DI DUNIA INDUSTRI SISWA SMKN KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN MULTIMEDIA DI KOTA MALANG. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(2), 103–112. https://doi.org/10.15294/jpp.v35i2.14299

Lestari, I. (2017). MENINGKATKAN KEMATANGAN KARIR REMAJA MELALUI BIMBINGAN KARIR BERBASIS LIFE SKILLS. 3(1), 11.

Masfiah, S., Hendriana, H., & Suherman, M. M. (2020). LAYANAN BIMBINGAN KARIER UNTUK SISWA SMP KELAS IX. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 3(4), 151. https://doi.org/10.22460/fokus.v3i4.5426

Nindya, N. N., Kiswantoro, A., & Hidayati, R. (2020). Layanan Informasi Melalui Media Animasi Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Peserta Didik. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v2i2.4504

Putri, I. E., Yusuf, A. M., & Afdal, A. (2021). Perspektif Teori Holland dalam Pemilihan Karir Siswa. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 1669–1675. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.591

Rahmat Hidayat, D., & Ningrum, W. (2017). Career Guidance at Kindergarten, Is It Neccessary? Proceedings of the 3rd International Conference on Early Childhood Education (ICECE 2016). 3rd International Conference on Early Childhood Education (ICECE 2016), Bandung, Indonesia. https://doi.org/10.2991/icece-16.2017.2

Sari, A. K., Yusuf, A. M., Iswari, M., & Afdal, A. (2021). Analisis Teori Karir Krumboltz: Literature Review. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(1). https://doi.org/10.23887/jjbk.v12i1.33429

Setyowati, P., & Supriyatno, A. (2021). Pengaruh Bimbingan Karir Melalui Media Leaflet Terhadap Peningkatan Pemahaman Pilihan Studi Lanjut. 6.

Sitompul, L. (2018). MENINGKATKAN PEMAHAMAN PERENCANAAN KARIR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KARIR DI SEKOLAH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IX-1 SMP NEGERI 1 GEBANG TAHUN 2017-2018. 12.

Suryahadikusumah, A. R., Kurniasari, K., Ferdiansyah, M., Purnamasari, S., Arizona, A., & Surtiyoni, E. (2019). MEMPERSIAPKAN KARIR SISWA DI ERA DIGITAL MELALUI PEMAHAMAN TIPOLOGI KEPRIBADIAN DAN DUNIA KERJA. Dinamika Journal : Pengabdian Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.20884/1.dj.2019.1.1.599

Trisnowati, E. (2016). PROGRAM BIMBINGAN KARIR UNTUK MENINGKATKAN ORIENTASI KARIR REMAJA. 3(1), 13.

Zamroni, E., Sugiharto, D., & Tadjri, I. (2014). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BIMBINGAN KARIR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBUAT KEPUTUSAN KARIR PADA PROGRAM PEMINATAN SISWA SMP. 7.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.