Analisis Respon Siswa pada Lembar Kerja Peserta Didik pada Materi Perpangkatan

fatwa alim Murahman, Sumargiyani sumargiyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada materi Perpangkatan terhadap hasil dan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah peserta didik SMP Muhammadiyah Banguntapan kelas VII dengan sampel diperoleh sebanyak 50 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert untuk menghitung rata-rata persentase skor setiap indikatornya. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada materi Matriks yang layak diterapkan untuk peserta didik dan dikategorikan baik. Kelayakan LKPD ditinjau dari analisis respon peserta didik terhadap LKPD per butir soal dan analisis kualitas LKPD.

Full Text:

PDF

References


Baharun, H. (2015). PENERAPAN PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH. Jurnal Pendidikan Pedagogik, 01(01).

Fitriyah, L. A., & Wardana, H. K. (2019). Profil Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Unsur, Senyawa, Dan Campuran Dengan Pendekatan STEM. Jurnal Zarah, 7(2), 86–92. https://doi.org/10.31629/zarah.v7i2.1430.

Fuadati, M., & Wilujeng, I. (2019). Web-Lembar Kerja Peserta Didik IPA terintegrasi potensi lokal pabrik gula untuk meningkatkan rasa ingin tahu peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 98–108. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.24543.

Mahardika, H. C., Ismawati, R., Rahayu, R., Tidar, U., & Utara, M. (n.d.). PENERAPAN LKPD BERBANTUAN SIMULASI PHET UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA PESERTA DIDIK SMP. 39, 61–70.

Monika, M., & Adman, A. (2017). PERAN EFIKASI DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2). https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8111

Prastowo, A. (2016). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press. Yogyakarta. In Diva Press.

Suhendri, H., & Mardalena, T. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar. Formatif : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2).

Sariani, L. D., & Suarjana, I. M. (2022). Upaya Meningkatkan Belajar Matematika Melalui E-LKPD Interaktif Muatan Matematika Materi Simetri Lipat dan Simetri Putar. Mimbar PGSD Undiksha, 10(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.46561

Wahyuni, S., & Etfita, F. (2020). Android Application Development as Teaching Material. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 9(1), 53–65. https://doi.org/10.21070/pedagogia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.