Efektivitas Layanan Bimbingan Klasikal Terhadap Proses Pembelajaran Siswa Di SMP Unggulan Aisyiyah Bantul

Sohibul Fafa Tajul Arifin, Dra. Hj. Alif Muarifah S.Psi., M.Si., Ph Alif Muarifah, Gea Nevea Gea Nevea

Abstract


Abstrak: Efektivitas Layanan Bimbingan Klasikal Terhadap Proses Pembelajaran Siswa Di SMP Unggulan Aisyiyah Bantul. Penelitian ini bertujuan meningkatkan efektifitas bimbingan klasikal pada proses pembelajaran peserta didik di SMP Unggulan Aisyiyah Bantul. Penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data adalah wawancara. Bimbingan klasikal dilaksanakan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, diskusi, media film, poster, PPT, papan tulis. Secara keseluruhan bahwa hasil penelitian menunjukan bahwa bimbingan klasikal efektif digunakan untuk meningkatkan proses belajar peserta didik di SMP Unggulan Aisyiyah Bantul.


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Book

Baharuddin dan Wahyuni, Esa Nur. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-ruzz Media Group.

Dirjen PMPTKT.2007. Rambu-rambu Penyelenggaraan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal, Jakarta, Depdiknas. Depdiknas.2008. Permendiknas No. 27 Tahun 2008, Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor, Jakarta.

Hamzah B.Uno, 2008, Teori Motivasi dan Pengukurannya, Analisis di Bidang Pendidikan, Jakarta, Bumi Aksara.

Ibrahim. 1996. Inovasi Pendidikan. Jakarta:Depdikbud Dirjendikti Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan

Nana Syaodih, S. 2007. Bimbingan & Konseling dalam Praktek. Mengembangkan Potensi dan Kepribadian Siswa. Bandung: Maestro.

Ahmad Juntika Nurihsan, dan Mubiar Agustin. 2013. Dinamika Perkembangan Anak Dan Remaja: Tinjauan Psikologi, Pendidikan Dan Bimbingan. Bandung: PT Refika Aditama.

Depdiknas. 2007. Model dan Contoh Pengembangan Diri Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Puskur Balitbang

Slameto. 2010. Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.