Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Biologi Di Kelas X MIPA SMA Muhammadiyah 1 Sleman

Nia Latifatun Nikmah, Peny Meisaroh, Destri Ratna Ma'rifah

Abstract


Gaya belajar peserta didik dapat diketahui untuk hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya belajar peserta didik dalam pembelajaran biologi. Penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) dan observasi. Instrumen pengumpulan data penelitian menggunakan lembar angket (kuesioner) yang diberikan pada peserta didik. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA SMA Muhammadiyah 1 Sleman yang terdiri dari satu kelas berjumlah 8 peserta didik. Sedangkan untuk sampelnya yaitu sampling jenuh. Hasil yang diperoleh saat penelitian yaitu gaya belajar visual sebesar 25 % termasuk dalam kategori kurang karena berada ada skor 21-40, gaya belajar audio dan gaya belajar kinestetik persentasenya sebesar 37,5 5 % termasuk dalam kategori cukup karena berada pada kisaran skor 41-60 %.

Full Text:

PDF

References


Bobbi Depoerter & Mike Henaecki. 2009. Quantum Learning . Bandung : Kaifa

DePorter, Bobbi. 2013. Quantum Learning. Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Penerbit Kaifa

Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rambe, M. S., & Yarni, N. (2019). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Dian Andalas Padang. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 2(2), 291-296. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.486

Ritonga, N. C., & Rahma, I. F. (2021). Analisis gaya belajar VAK pada pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa. Jurnal Analisa, 7(1), 76-86. https://doi.org/10.15575/ja.v7i1.11878

Romaito, Simatupang. 2018. Analisis Gaya Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Biologi. Padangsimpuan

Sari, kartika . 2014 . Analisis Karakteristik Gaya Belajar VAK (Visual, Audiotorial, Kinestetik) Pada Hasil Belajar. Bangkalan : Universitas Trunojoyo Madura.

Setianingrum, M. (2017). Penggunaan variasi media ajar terhadap 3 gaya belajar siswa dalam pembelajaran bahasa jepang. JAPANEDU: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Jepang, 2(1), 1-8.

Shoimatul Ula. 2013. Buku Pintar Teori Manajemen Pendidikan Efektif. Yogyakarta: Penerbit Berlian.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Wulandari, Mira. 2012. Analisis Gaya Belajar Siswa dan Hubungan Biologi Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Kota Jambi. Jambi : Universitas Jambi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.