Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Marshanda Putri Riswanto, Muya Barida

Abstract


Abstrak:

     Memiliki rasa percaya diri pada saat akan mengemukakan pendapatnya adalah sebuah hal yang mana wajib dimiliki pada setiap peserta didik, agar dapat digunakan untuk menunjang prestasi belajar peserta didik. Kepercayaan diri membuat seseorang yakin akan kemampuan diri sendiri . Percaya diri sebagai modal seseorang untuk dapat memenuhi setiap dasar kebutuhan dalam hidupnya . Sikap yang sehat untuk menumbuhkan evaluasi yang baik terhadap lingkungan dan diri sendiri adalah kepercayaan diri. Percaya diri berperan utama pada kehidupan setiap individu untuk digunakan sebagai salah satu capaian keberhasilan dalam hidupnya. Akan tetapi,seseorang dapat melewatkan beberapa moment penting dalam kehidupannya untuk dapat percaya diri . Melewatkan percaya diri atau kurang percaya diri , salah satu hal yang membuat seseorang terhambat dalam melakukan aktivitas atau kegiatan dalam kehidupannya. Dari adanya permasalahan yang berkaitan dengan percaya diri, artikel ini membahas permasalahan tentang percaya diri siswa yang dilaksanakan melalui layanan bimbingan kelompok .siswa bimbingan dan konseling, serta siswa-siswa yang tergabung dalam kegiatan layanan bimbingan kelompok  dalam menumbuhkan rasa percaya diri siswa . Penelitian ini menggunakan metode studi literatur sebagai salah satu upaya ilmiah dalam menyusun tugas luaran artikel ilmiah . Penelitian ini bertujuan meningkatkan kepercayaan diri siswa melalui penerapan layanan bimbingan kelompok yang diberikan kepada siswa.


Full Text:

PDF

References


Denanti, I. A., & Wardani, S. Y. (2020, August). Pengaruh komunikasi interpersonal dan interaksi

teman sebaya terhadap kepercayaan diri dalam berpendapat. In Prosiding Seminar Nasional

Bimbingan dan Konseling (Vol. 3, No. 1, pp. 111-118).

Suhardita, K. (2011). Efektivitas penggunaan teknik permainan dalam bimbingan kelompok untuk

meningkatkan percaya diri siswa. http://jurnal. upi. edu/file/12-Kadek_Suhardita. pdf, 1, 127-138.

Marjanti, S. (2015). Upaya Meningkatkan Rasa Percaya Diri melalui Konseling Kelompok Bagi

Siswa XII IPS 6 SMA 2 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Konseling

GUSJIGANG, 1(2).

Pranoto, H. (2016). Upaya Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di

Sma Negeri 1 Sungkai Utara Lampung Utara. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM

UM Metro, 1(1), 100-111.

Mulwati, S. (2017). Meningkatkan rasa percaya diri melalui strategi layanan bimbingan kelompok.

Didaktikum, 18(3)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.