Analisis Pemahaman Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di TK ABA Al Wafa

mukti ningsih Siti Rahmawati Harman Fadhia Ayu Djafar & Dea Riza Nabila Kasimi

Abstract


Pendidikan terus berkembang dan setiap aturan terus diperbarui dari waktu ke waktu. Sumber daya manusia merupakan bagian terpenting untuk dapat mencapai tujuan pendidikan yang dicanangkan. Pendidikan dan tujuan pendidikan, serta sumber daya manusia, tidak jauh dari pengembangan kurikulum. tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemahaman guru dalam mengimplementasi kurikulum merdeka di tk aba al wafa.penilitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskripstif dengan menggunakan teknik wawancara,observasi ,dan dokumentasi,hasil peniliian ini penggunaan kurikulum merdeka di TK ABA Al Wafa masih terbilang baru. Penggunaan kurikulum merdeka ini baru diterapkan disekolah sejak tahun ajaran baru 2022, dimana sekolah diminta untuk menerapkan kurikulum merdeka sebab sekolah TK ABA Al Wafa merupakan sekolah penggerak dari Kemendikbud sehingga pada pengimplementasinya masih membutuhkan waktu untuk terbilang lebih baik. Apalagi saat ini masih banyak guru yang belum memahami terkait kurikulum merdeka ini. Maka dari itu penelitian ini lebih banyak mengarah pada analisis pemahaman guru dalam implementasi kurikulum merdeka.

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z., & Rosdakarya, P. T. R. (2008). Metode Penelitian. http://repo.iaintulungagung.ac.id/16078/5/BAB III.pdf

Djafri, N., Arwildayanto, A., & Suking, A. (2020). Manajemen Kepemimpinan Inovatif pada Pendidikan

Anak Usia Dini dalam Perspektif Merdeka Belajar Era New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal

Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1441–1453. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.901

Dwijendra, U., Ganesha, U. P., & Mengajar, P. M. (2022). ANALISIS KURIKULUM MERDEKA DAN

PLATFORM. 8.

Eka Retnaningsih, L., & Khairiyah, U. (2022). Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini.

Jurnal Program Studi PGRA, 8(1), 143–158.

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi

Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society

0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589


Refbacks

  • There are currently no refbacks.