Meningkatkan minat baca dan menumbuhkan budaya literasi melalui layanan bimibingan dan konseling

Yufaqih Vidya Pratama, Tri Sutanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui layanan bimbingan dan konseling dalam meningkatkan minat baca dan menumbuhkan budaya literasi siswa. jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif  menggunakan teknik pengumpulan data studi pustaka  (study literature). Hasil penelitian ini adalah layanan bimbingan konseling mampu dan efektif dalam  meningkatkan minat baca dan menumbuhkan budaya literasi siswa. 


Keywords


Minat baca, budaya literasi, layanan bimbingan konseling

Full Text:

PDF

References


Ainiyah, N. (2017). Membangun penguatan budaya literasi media dan informasi dalam dunia pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(1), 65-77.

Alfarikh, A. (2017). Menumbuhkan budaya literasi di kalangan pelajar.

Marimbun, M. (2021). Meningkatkan Minat Membaca Mahasiswa Melalui Bimbingan Kelompok Topik Tugas. KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program, 8(1), 54-65.

Maulana, M. A., & Susanti, N. (2020). MENINGKATKAN MINAT BACA PADA BUKU PELAJARAN MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Advice: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2(1), 36-47.

Mumpuni, A., & Nurbaeti, R. U. (2019). Analisa faktor yang mempengaruhi minat baca mahasiswa PGSD. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 3(2), 123-132.

Muslih, Y. N., Wibowo, M. E., & Purwanto, E. (2017). Konseling Behavioral menggunakan Teknik Kontrak Perilaku dengan Students’ Logbook untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1), 34-43.

Permatasari, A. (2015). Membangun kualitas bangsa dengan budaya literasi.

Sari, N. P. (2013). Penerapan Konseling Kelompok Realita Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).

Suragangga, I. M. N. (2017). Mendidik lewat literasi untuk pendidikan berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(02), 154-163.

Ainiyah, N. (2017). Membangun penguatan budaya literasi media dan informasi dalam dunia pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(1), 65-77.

Alfarikh, A. (2017). Menumbuhkan budaya literasi di kalangan pelajar.

Marimbun, M. (2021). Meningkatkan Minat Membaca Mahasiswa Melalui Bimbingan Kelompok Topik Tugas. KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program, 8(1), 54-65.

Maulana, M. A., & Susanti, N. (2020). MENINGKATKAN MINAT BACA PADA BUKU PELAJARAN MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Advice: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2(1), 36-47.

Mumpuni, A., & Nurbaeti, R. U. (2019). Analisa faktor yang mempengaruhi minat baca mahasiswa PGSD. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 3(2), 123-132.

Muslih, Y. N., Wibowo, M. E., & Purwanto, E. (2017). Konseling Behavioral menggunakan Teknik Kontrak Perilaku dengan Students’ Logbook untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1), 34-43.

Permatasari, A. (2015). Membangun kualitas bangsa dengan budaya literasi.

Sari, N. P. (2013). Penerapan Konseling Kelompok Realita Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).

Suragangga, I. M. N. (2017). Mendidik lewat literasi untuk pendidikan berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(02), 154-163.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.