Penerapan Model Problem Based Learning dengan pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Bernalar Kritis

Alifia Rahmawati, Rima Aksen Cahdriyana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran problem based learning dengan pendekatan saintifik lebih baik daripada model pembelajaran problem based learning menggunakan pendekatan konseptual terhadap kemampuan bernalar kritis peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Bantul pada materi bentuk aljabar. Kemampuan bendalar kritis merupakan salah satu dimensi Profil Pelajar Pancasila. Pada penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi experimental desain). Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Bantul tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII C sebagai kelas eksperimen. Hipotesis yang digunakan adalah uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran model PBL dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan bernalar kritis peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Bantul pada materi bentuk aljabar lebih baik daripada pembelajaran menggunakan model PBL dengan pendekatan kontekstual.

Full Text:

PDF

References


Fakhriyah, F. (2014). Penerapan problem based learning dalam upaya mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1).

Fauziah, R., Abdullah, A. G., & Hakim, D. L. (2013). Pembelajaran saintifik elektronika dasar berorientasi pembelajaran berbasis masalah. Invotec, 9(2).

Ichsan, I., Suhaimi, S., Amalia, K. N., Santosa, T. A., & Yulianti, S. (2022). Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbaisis TPACK terhadap ketrampilan literasi sains dalam pembelajaran ipa siswa tingkat SD sampai SMA: sebuah meta-analisis. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(5), 2173-2181.

Kemendikbud. (2020). Permendikbud Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Kemendikbud

Kemendikbud Ristek. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. KementerianPendidikan Dan Kebudayaan, 1–108. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila

Kemendikbud. (2013). Pengembangan Kurikulum 2013. Paparan Mendikbud dalam Sosialisasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemdikbud.

Kibtiyah, A. M. (2022). Penggunaan model project based learning (PJBL) dalam meningkatkan kemampuan bernalar kritis pada materi mengklasifikasikan informasi wacana media cetak siswa kelas 5 sekolah dasar. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(2), 82-87.

Kusuma, A. C., & Mujiono, D. S. (2019). Efektifitas problem based learning dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan keterampilan berfikir kritis mahasiswa. Jurnal Pendidikan Glasser, 3(2), 148-159.

Kusuma, A. C., & Mujiono, D. S. (2019). Pengembangan perangkat pembelajaran problem based learning dengan pendekatan saintifik untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Review Pembelajaran Matematika JRPM, 4(2), 102-114.

Lestari, P. D., Dwijanto, D., & Hendikawati, P. (2016). Keefektifan model problem-based learning dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar peserta didik kelas VII. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(2).

Nur, M. (2018). Model pembelajaran berdasarkan masalah. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA.

Parwasih, N. W. S., & Warouw, Z. W. M. (2020). SCIENING: Science Learning Journal. Science Learning Journal, 1(2), 6–10

Pratama, L. D., Lestari, W., & Jailani, J. (2018). Implementasi pendekatan saintifik melalui problem based learning terhadap minat dan prestasi belajar matematika. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1), 11-21.

Sadewa, M. A. (2022). Meninjau kurikulum prototipe melalui pendekatan integrasi-interkoneksi Prof. M Amin Abdullah. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(1), 266-280.

Shofiyah, N., & Wulandari, F. E. (2018). Model problem based learning (PBL) dalam melatih scientific reasoning siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 33-38.

Sugiyono. (2009). Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R and D. Bandung: Alfabeta

Windiatmoko, D. U. (2022, August). Konstruksi profil pelajar pancasila dan dimensi karakter luhur dalam arus utama kurikulum Merdeka. In Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, pp. 16-28).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.