Penerapan Model Problem Based Learning dengan pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Bernalar Kritis
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Fakhriyah, F. (2014). Penerapan problem based learning dalam upaya mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1).
Fauziah, R., Abdullah, A. G., & Hakim, D. L. (2013). Pembelajaran saintifik elektronika dasar berorientasi pembelajaran berbasis masalah. Invotec, 9(2).
Ichsan, I., Suhaimi, S., Amalia, K. N., Santosa, T. A., & Yulianti, S. (2022). Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbaisis TPACK terhadap ketrampilan literasi sains dalam pembelajaran ipa siswa tingkat SD sampai SMA: sebuah meta-analisis. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(5), 2173-2181.
Kemendikbud. (2020). Permendikbud Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Kemendikbud
Kemendikbud Ristek. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. KementerianPendidikan Dan Kebudayaan, 1–108. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila
Kemendikbud. (2013). Pengembangan Kurikulum 2013. Paparan Mendikbud dalam Sosialisasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemdikbud.
Kibtiyah, A. M. (2022). Penggunaan model project based learning (PJBL) dalam meningkatkan kemampuan bernalar kritis pada materi mengklasifikasikan informasi wacana media cetak siswa kelas 5 sekolah dasar. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(2), 82-87.
Kusuma, A. C., & Mujiono, D. S. (2019). Efektifitas problem based learning dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan keterampilan berfikir kritis mahasiswa. Jurnal Pendidikan Glasser, 3(2), 148-159.
Kusuma, A. C., & Mujiono, D. S. (2019). Pengembangan perangkat pembelajaran problem based learning dengan pendekatan saintifik untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Review Pembelajaran Matematika JRPM, 4(2), 102-114.
Lestari, P. D., Dwijanto, D., & Hendikawati, P. (2016). Keefektifan model problem-based learning dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar peserta didik kelas VII. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(2).
Nur, M. (2018). Model pembelajaran berdasarkan masalah. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA.
Parwasih, N. W. S., & Warouw, Z. W. M. (2020). SCIENING: Science Learning Journal. Science Learning Journal, 1(2), 6–10
Pratama, L. D., Lestari, W., & Jailani, J. (2018). Implementasi pendekatan saintifik melalui problem based learning terhadap minat dan prestasi belajar matematika. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1), 11-21.
Sadewa, M. A. (2022). Meninjau kurikulum prototipe melalui pendekatan integrasi-interkoneksi Prof. M Amin Abdullah. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(1), 266-280.
Shofiyah, N., & Wulandari, F. E. (2018). Model problem based learning (PBL) dalam melatih scientific reasoning siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 33-38.
Sugiyono. (2009). Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R and D. Bandung: Alfabeta
Windiatmoko, D. U. (2022, August). Konstruksi profil pelajar pancasila dan dimensi karakter luhur dalam arus utama kurikulum Merdeka. In Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, pp. 16-28).
Refbacks
- There are currently no refbacks.