EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS IX DI SMP MUHAMMADIYAH 2 BAMBANGLIPURO

Reza Bella Septamara, Ulfa Danni Rosada

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas IX  dengan menerapkan motode pembelajaran problem based learning di SMP Muhammadiyah 2 Bambanglipuro. Kemandiarian dalam bnelajar yang diteliti dengan persiapan , pelaksaaan, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terhadap siswa  dengan kemadirian pada sekala rendah, sedang dan tinggi., kemudian respon siswa dalam mengerjakan suatu angket  dan lembar keterlaksaaan pembelajaran pada layanana bimbingan klasikal yang diberikan oleh guru BK yang dimanan siswa diminta untuk berkerja sama dan menganalisis

Keywords


Efektivitas; Bimbingan Klasikal; Problem Based Learning; Mandiri; Belajar

Full Text:

PDF

References


Bungel, M. F. (2014). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Palu pada materi prisma. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(1), 45-54.

Extrikna, C. S., & Hartanto, D. (2020). Efektifitas layanan bimbingan klasikal teknik problem baset learning untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pada siswa kelas VIII FU SMP Muhammadiyah 1 Moyudan (Doctoral dissertation, Universitas Ahmad Dahlan).

Idzhar, A. (2016). Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal office, 2(2), 221-228.

Anatin, A. (2021, August). Keefektivan Layanan Bimbingan Klasikal Moda Daring Metode Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol. 1).

Saputra, J. (2017). Penggunaan model problem based learning berbantuan e-learning terhadap kemandirian belajar mahasiswa pada dimensi tiga. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 117-130.

Setiani, A. C., Setyowani, N., & Kurniawan, K. (2014). Meningkatkan konsentrasi belajar melalui layanan bimbingan kelompok. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 3(1).

Agustina, R. (2016). Meningkatkan Kerjasama Dan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Model Tgt (Teams Games Tournament) Pada Materi Sumber Daya Alam Mata Pelajaran Ips Kelas Iv Sdn CIPEDES (Penelitian Tindakan Kelas Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV SD Negeri Cipedes Materi Sumber Daya Alam Tahun Ajaran 2016/2017) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.